Wabup: Pesisir Selatan butuh mesin penggilingan padi modern

id Wabup, padi, jagung, mesin penggiling, beras berkualitas

Wabup: Pesisir Selatan butuh mesin penggilingan padi modern

Wabup Pesisir Selatan dorong petani untuk kembangkan tanaman jagung, dan manfaatkan lahan kosong agar menjadi produktif. (ANTARA/HO)

Painan (ANTARA) - Wakil Bupati Rudi Hariyansyah berpadangan Kabupaten Pesisir Selatan membutuhkan mesin penggilingan padi modern guna menghasilkan beras berkualitas terbaik sehingga mampu bersaing dengan produksi daerah lain di pasaran.

"Untuk bisa bersaing di pasaran dengan produksi beras dari daerah, maka perlu keberadaan mesin penggilingan padi modern untuk menghasilkan beras kualitas terbaik," kata Wakil Bupati Rudi Hariyansyah di Painan, Jumat (4/11).

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, kata Rudi, fokus pada peningkatan ekonomi kerakyatan, salah satunya pengembangan sektor pertanian tanaman pangan.

"Kita memiliki potensi pertanian yang cukup besar dan menjadi basis ekonomi masyarakat. Beberapa komoditas unggulan seperti padi dan jagung. Dimana harga padi dan jagung relatif stabil dan tingginya permintaan pasar," katanya.

Khusus jagung dapat ditanam di lahan terlantar atau lahan kering, dan terkait lahan yang potensial untuk tanaman jagung, maka Dinas Pertanian diminta melakukan pendataan.

Ia mengatakan, pengembangan sektor pertanian tanaman pangan juga perlu sinergitas antara Pemkab Pesisir Selatan dengan pemerintah nagari.

Kemudian juga butuh dukungan sumber daya manusia berkualitas serta program pembangunan pertanian tanaman pangan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian, harapnya.

"Saya minta penggunaan benih unggul lebih ditingkatkan lagi. Juga diminta pada PPL agar melakukan pembinaan dan bimbingan bagi para petani secara maksimal," ujarnya.

Guna meningkatkan hasil produksi pertanian, menurut Wabup, maka salah satu upaya yang mesti dilakukan ada penanggulangan hama tanaman. Upaya itu harus dilakukan secara maksimal, sehingga petani tidak mengalami kerugian saat panen.*