Bank Nagari dapat tambahan alokasi KUR sebesar Rp200 miliar

id Bank Nagari, KUR

Bank Nagari dapat tambahan alokasi KUR sebesar Rp200 miliar

Ilustrasi-lokasi KUR Bank Nagari bertambah, ayo buruan!. (ANTARA/HO-BN)

Padang (ANTARA) - Bank Nagari dapat tambahan alokasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebesar Rp200 miliar dari pemerintah pada awal November 2022, sehingga pelaku UMKM agar segera mengajukan KUR ke Kantor Bank Nagari terdekat.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Bank Nagari, Muhammad Irsyad, didampingi Direktur Kredit dan Syariah Gusti Candra, menginformasikan kabar gembira kepada masyarakat dan Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Sumatera Barat, dimana Kementerian Koordinator Perekonomian RI baru saja memberikan surat persetujuan atas pemohonan tambahan alokasi KUR Bank Nagari.

Irsyad mengatakan bahwa persetujuan ini tidak terlepas dari dukungan dan dorongan dari Gubernur Provinsi Sumatera Barat yang ikut mengkomunikasikan dan memberikan surat dukungan kepada Kementerian Koordinator Perekonomian RI.

Untuk itu, Irsyad menyampaikan terima kasih yang tidak terhingga kepada Bapak Gubernur dan jajaran yang terus mendukung Bank Nagari.

Irsyad kepada awak media mengatakan bahwa alokasi plafond KUR Bank Nagari Tahun Anggaran 2022 yang sebelumnya ditetapkan sebesar Rp1,35 triliun, sejak Juli 2022 yang lalu sudah terealisasi atau terserap seluruhnya oleh pelaku UMKM di Sumatera Barat.

Karena alokasi yang sudah habis tersebut, maka sejak Agustus 2022 Bank Nagari tidak dapat melayani permohonan KUR dari masyarakat yang terus masuk, baik itu permohonan baru ataupun tambahan dari debitur eksisting.

Direktur Kredit & Syariah Bank Nagari Gusti Candra menambahkan bahwa dengan adanya tambahan alokasi KUR tahun anggaran 2022 sebesar Rp200 miliar ini, maka Bank Nagari kembali membuka layanan permohonan KUR dengan periode waktu terbatas yaitu hanya selama 2 (dua) bulan ini yaitu November 2022 sampai dengan Desember 2022.

Gusti menjelaskan bahwa Jenis KUR yang disetujui penambahannya oleh pemerintah adalah KUR Kecil, yaitu nasabah yang memperoleh KUR dengan plafond Diatas Rp 100 Juta sampai dengan Rp500 juta, baik permohonan baru ataupun yang plafond setelah diberikan tambahan.

Debitur KUR Mikro eksisting yang memenuhi syarat dan kemampauan bayar memadai, dapat juga memanfaatkan momentum ini untuk naik kelas menikmati KUR Kecil.

Gusti juga menginformasikan dan mengingatkan bahwa melihat kepada bagaimana progres realisasi bulanan KUR Bank Nagari selama ini, maka tambahan pagu KUR TA 2022 tersebut diperkirakan akan habis dalam waktu cepat.

Oleh karena itu periode bisa berakhir lebih cepat apabila pagu habis diserap oleh pelaku UMKM.

Gusti mengimbau kepada Pelaku UMKM yang membutuhkan agar segera mengajukan permohonan ke kantor-kantor Bank Nagari terdekat.

Disamping itu, informasi dan permohonan dapat juga disampaikan melalui petugas-petugas kredit/pembiayaan mikro Bank Nagari yang mobile di lapangan.*