Unand simulasi evakuasi tsunami di shelter Kota Padang

id evakuasi sementara, simulasi evakuasi tsunami

Unand simulasi evakuasi tsunami di shelter Kota Padang

Mahasiswa Teknik Sipil Unand menggelar sosialisasi dan evakuasi tsunami di Tempat Evakuasi Sementara Ulak Karang Padang, Minggu. (Antara/HO-Teknik Sipil Unand)

Padang (ANTARA) - Mahasiswa program studi Teknik Sipil Universitas Andalas (Unand) Padang berinisiatif mengadakan sosialisasi dan simulasi evakuasi tsunami bagi warga yang bermukim di sekitar Tempat Evakuasi Sementara (TES) Ulak Karang, sebagai upaya meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana.

"Kegiatan ini merupakan pengabdian masyarakat berbasis proyek oleh mahasiswa yang dianggarkan dalam RKAT Departemen Teknik Sipil Universitas Andalas 2022," kata Dosen pembimbing Yosritzal, PhD di Padang, Sumbar, Minggu.

Sosialisasi dan simulasi diikuti warga RT 02 RW 04 Kelurahan Ulak Karang Utara dan Kelompok Senam Shelter .

Salah satu materi yang disampaikan dalam sosialisasi adalah bagaimana menyiapkan kembali tas siaga bencana berisi perlengkapan yang dibutuhkan jika bencana terjadi sehingga harus mengungsi.

Saat ditanyakan kepada peserta apakah masih menyimpan tas siaga bencana mayoritas menyampaikan dulu ada dan saat ini isinya sudah dikosongkan.

Sementara Ketua Panitia Sosialisasi dan Evakuasi Tsunami Suci Arvi Mahira menyampaikan kegiatan ini dilatari webinar yang digelar oleh Forum Pengurangan Risiko Bencana Sumatera Barat.

"Salah satu kesimpulan diketahui masyarakat sudah mulai lengah dengan ancaman tsunami karena pandemi COVID-19 yang memaksa orang untuk mengurangi aktivitas di luar rumah sehingga terjadi kevakuman dalam sosialisasi dan simulasi tsunami," kata dia

Kelengahan masyarakat ini terkonfirmasi dalam sesi sosialisasi yang diberikan karena dijumpai masyarakat tidak lagi menyiapkan ransel siaga bencana di rumah.