Posyantek Rafflesia Jaya Bersana Agam masuk lima besar TTG

id Posyantek, agam

Posyantek Rafflesia Jaya Bersana Agam masuk lima besar TTG

Kepala DPMN Agam, Asril. (ANTARA/Yusrizal)

Lubuk Basung (ANTARA) - Posyantek Raflesia Jaya Bersama Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, masuk nominasi lima besar pada lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-XXIII pada 2022.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Agam, Asril di Lubukbasung, Minggu, mengatakan Posyantek Raflesia Jaya Bersama ini itu masuk nominasi lima besar kategori Posyantek Desa Berprestasi 2022

“Iya, Posyantek Raflesia Jaya Bersama masuk nominasi lima besar, pemenangnya diumumkan 19 Oktober 2022 sekaligus penyerahan penghargaan,” katanya.

Ia mengatakan, penyerahan penghargaan dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan gelar TTG ke-XXIII pada 18-21 Oktober 2022, di Aston Cirebon Hotel dan Convention.

Ini merupakan hasil dari penilaian tingkat nasional yang digelar secara daring 19-23 September 2022.

“Hasilnya, Posyantek Raflesia Jaya Bersama masuk lima besar. Kita bersyukur, semoga nanti bisa jadi terbaik,” katanya.

Pada kegiatan TTG nanti, setiap provinsi juga diminta berpartisipasi minimal satu booth pameran, untuk promosikan inovasi TTG dan hasil produksi daerah masing-masing.

Agam juga ikut mengisi pameran ini dengan menampilkan beberapa alat yang diciptakan Posyantek, peta sebaran dan daftar pemanfaat alat.

"Penilaiannya dilaksanakan saat pameran berlangsung dan pemenang diumumkan di acara penutupan gelar TTG nasional ke-XXIII," katanya.

Ia menambahkan, Posyantek Raflesia Jaya Bersama telah menciptakan 12 alat TTG salah satunya pengusir hama yang sudah dimanfaatkan masyarakat khususnya para petani.

“Jadi yang dinilai itu kelembagaannya, sejauh mana alat yang diciptakan itu bisa berikan manfaat pada masyarakat,” katanya.*