PAM Tirta Sago Payakumbuh terima penghargaan digitalisasi layanan pelanggan

id PAM Tirta Sago Payakumbuh,Indonesia Water Forum 2022,Wali Kota Payakumbuh,penghargaan digitalisasi layanan pelanggan

PAM Tirta Sago Payakumbuh terima penghargaan digitalisasi layanan pelanggan

Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda saat mengambil langsung penghargaan peringkat kedua BUMD Air Minum kategori digitalisasi layanan pelanggan dalam Indonesia Water Forum 2022. Antara/HO-PAM Tirta Sago

Payakumbuh (ANTARA) - Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago Kota Payakumbuh, Sumatera Barat berhasil meraih peringkat kedua BUMD Air Minum kategori digitalisasi layanan pelanggan dari Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) yang diserahkan dalam Indonesia Water Forum 2022 yang digelar di Jakarta Convention Center Rabu (5/10).

"Selamat kepada PAM Tirta Sago Payakumbuh yang telah meraih peringkat kedua terbaik tingkat nasional di kategori digitalisasi layanan pelanggan," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda dihubungi di Payakumbuh, Rabu.

Rida berharap setelah meraih penghargaan PAM Tirta Sago ke depannya dapat menjadi lebih baik dan tidak berpuas diri karena masih ada perbaikan yang harus dilakukan.

"Perlu perbaikan dalam hal bagaimana memberikan pelayanan kepada pelanggan. Pelayanan itu mencakup mempermudah masyarakat serta layanan lainnya seperti perbaikan dan pengaduannya, kita ingin PAM Tirta Sago menjadi yang terbaik dan idola di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

Posisi pertama BUMD Air Minum kategori digitalisasi layanan pelanggan diraih Perumda Tirta Satria Kabupaten Banyumas dan posisi ketiga adalah Perumda Tirta Taman Sari Kota Madiun.

Sementara itu, Dirut PAM Tirta Sago Khairul Ikhwan mengatakan aspek penilaian untuk penghargaan ini seperti geografis Information sistem (GIS), aplikasi yang sudah tersedia dan dikembangkan sendiri seperti Billing, Bacameter, Presensi, dan lainnya.

Selanjutnya sosial media yang sudah lengkap, situs yang sudah informatif dengan berita yang sudah update seperti situs perusahaan tirtasago.co.id, situs PPID, serta Bagian IT yang sudah masuk dalam struktur organisasi PAM Tirta Sago, sudah punya sub bagian tersendiri, dan punya kasubag.

"Kita juga punya SOP bagian IT. Sehingga sistem PAM Tirta Sago sudah terintegrasi, contohnya sudah terintegrasi dengan bank," ujarnya.

Ia mengatakan untuk aplikasi survei saat ini di perencanaan teknik sedang dalam pengembangan, termasuk sistem untuk sambungan baru dan untuk pengaduan, dan sistem keuangan memakai aplikasi Sikompak.

"Alhamdulillah kami meraih penghargaan dan terima kasih kepada seluruh pihak seperti KPM, dewas, direksi, jajaran manajemen dan karyawan PAM Tirta Sago yang telah berkomitmen dan bekerja keras untuk selalu melakukan perbaikan dan kemajuan perusahaan di berbagai lini," kata dia.

Ia mengatakan dalam bekerja pihaknya tidak mengejar penghargaan tapi upaya untuk selalu berbuat perbaikan dan peningkatan kapasitas kerja khususnya dalam memberikan pelayanan yang terbaik buat pelanggan.

"Kita tidak boleh lupa diri dan euforia dengan penghargaan ini, tapi justru mengingatkan untuk sadar bahwa masih memiliki kekurangan dan kelemahan yang perlu diperbaiki. Kita berkomitmen, bersih airnya dan bersama pelanggan tumbuh menjadi Perumda unggul," ujarnya.