Legislator tekankan pentingnya persiapan kesehatan CJH jauh sebelum keberangkatan

id Legislator sumbar,Ade Rizki Pratama,kesehatan CJH,Berita Pariaman

Legislator tekankan pentingnya persiapan kesehatan CJH jauh sebelum keberangkatan

Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Gerindra Ade Rizki Pratama (kanan) menyerahkan cendramata kepada Wali Kota Pariaman Sumbar Genius Umar pada Sosialisasi Kesehatan Haji dan Vaksinasi COVID-19 Kerja Sama Pusat Kesehatan Haji Kementrian Kesehatan (Kemenkes) dengan Anggota DPR RI di Pariaman, Kamis. ANTARA/Aadiaat M. S.

Pariaman (ANTARA) - Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Gerindra Ade Rezki Pratama menekankan pentingnya persiapan terhadap kesehatan calon jemaah haji (CJH) jauh sebelum keberangkatan.

"Kuota jemaah haji dikurangi bahkan khususnya di Pariaman menjadi 1/3 atau dari 150 lebih biasanya yang berangkat namun sekarang hanya 54 orang yang berangkat, selain itu juga diterapkan pembatasan usia," kata dia usai Sosialisasi Kesehatan Haji dan Vaksinasi COVID-19 Kerja Sama Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan Anggota DPR RI di Kota Pariaman, Sumatera Barat, Kamis.

Hal itu berimbas pada keberangkatan haji untuk lansia yang tentunya seiring tahun berjalan jumlahnya terus bertambah.

Meskipun begitu menurutnya sambil menunggu kepastian kuota dan penghapusan pembatasan usia keberangkatan CJH juga harus dilakukan persiapan kesehatan mereka khususnya kepada para lansia.

Ia mengatakan persiapan itu penting di tengah pandemi yang mulai melandai sambil menunggu keluarnya mekanisme pengelolaan keberangkatan haji.

Persiapan tersebut tidak saja terkait dengan COVID-19 namun juga potensi penyakit menular serta penyakit yang sedang diderita oleh CJH di antaranya hipertensi dan diabetes.

Sementara itu, Ketua Tim Pelayanan Haji Pusat Kesehatan Haji Kemenkes RI Muhammad Imran mengatakan Pemerintah Arab Saudi telah membuka pelaksanaan ibadah haji meskipun jumlahnya dibatasi dan persyaratan diperketat.

Menurutnya penyakit yang dialami CJH di antaranya hipertensi dan diabetes tidak menjadi masalah jika jamaah mulai dari sekarang menjalankan pola hidup sehat agar dapat menjalankan ibadah dengan baik di tanah suci.

Wali Kota Pariaman Genius Umar menyambut positif kegiatan tersebut sehingga CJH di daerah itu dapat memahami pentingnya menjaga pola hidup sehat.

Pada kesempatan tersebut ia juga menyampaikan permintaan dukungan dari pemerintah pusat melalui anggota DPR RI untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan guna peningkatan ekonomi masyarakat serta sarana kesehatan di antaranya pemenuhan sanitasi di Pariaman.