Nagari Pasia Laweh diproyeksikan sebagai sentra pembibitan Sapi Sumbar

id Nagari Pasia Laweh,sentra pembibitan sapi agam,sentra pembibitan sapi sumbar,Berita agam,Berita sumbar

Nagari Pasia Laweh diproyeksikan sebagai sentra pembibitan Sapi Sumbar

Ilustrasi peternakan sapi, Nagari Pasia Laweh, Agam diproyeksikan menjadi sentra pembibitan sapi di Kabupaten Agam dan diharapkan menjadi yang terbesar di Sumbar (Antara/HO)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat merencanakan Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah sebagai daerah pusat pengembangan dan pembibitan Sapi untuk daerah setempat hingga Sumbar bagian utara.

Walinagari Pasia Laweh, Zul Arfin mengatakan pihaknya menyambut baik gagasan itu dan telah mempersiapkan lahan hingga puluhan hektar untuk mewujudkannya.

"Kami bangga dengan inovasi dan gagasan dari Dinas Pertanian ini, selain untuk mencukupi kebutuhan daging sapi, stok sapi kurban, juga pastinya destinasi wisata ternak, kami sudah carikan lahan potensial," kata Zul Arfin di Pasia Laweh, Senin.

Ia menyebutkan, lahan yang disiapkan mencapai 200 hektar dengan pilihan utama seluas 60 hektar dan sisanya 140 hektar sebagai cadangan.

"Pemilik tanah di daerah Bukik Kajai ini juga mendukung inovasi luar biasa bagi Pasia Laweh, mereka rela dibuatkan nanti kerjasama apakah pinjam pakai atau bagaimana," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah Nagari Pasia Laweh juga memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada warga setempat dengan membentuk sebuah tim terpadu.

"Perlu edukasi yang massif kepada masyarakat agar bagaimana program besar ini bisa sukses berjalan dan dinikmati warga juga nantinya, seluruh kelompok tani juga kami libatkan hingga perantau," katanya.

Sebelumnya, Dinas Pertanian Kabupaten Agam berencana menjadikan Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, sebagai sentra pembibitan sapi di daerah itu dan untuk menjamin ketersediaan bibit sapi unggul di Kabupaten Agam, sehingga diperlukan kawasan yang cukup besar.

“Kita lihat Nagari Pasia Laweh miliki potensi dalam pengembangan sapi, lahan pengembalaannya juga cukup bagus untuk dijadikan sentra pembibitan ternak sapi,” ujar Kepala Dinas Pertanian Agam, Afniwirman.

Afniwirman mengakui, kini kebutuhan bibit sapi yang berkualitas di Agam masih belum mencukupi, akibatnya peternak harus ke luar daerah untuk mendapatkan anak sapi.

“Apabila kita di Agam sudah miliki sentra pembibitan sapi, diyakini kebutuhan anak sapi yang unggul dapat terpenuhi,” pungkasnya.