Pemkot Pariaman berkomitmen bentuk karakter generasi muda hadapi bonus demografi

id Pariaman,Sumbar,pemuda

Pemkot Pariaman berkomitmen bentuk karakter generasi muda hadapi bonus demografi

Wako Pariaman, Sumbar Genius Umar sedang menyampaikan sambutan saat membuka Musyawarah Daerah ke-VI Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Pariaman, Sabtu. (ANTARA/Aadiaat M. S. )

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) berkomitmen terus membentuk karakter generasi muda di daerah itu dan mempersiapkannya menghadapi bonus demografi 2045.

"Sebagai orang dengan usia lebih tua dan pemerintah kami memiliki tanggung jawab besar untuk mendidik generasi berikutnya," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) ke-VI Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan banyak program yang telah dilakukan pemerintah setempat untuk mempersiapkan generasi muda di daerah itu yang tidak saja melalui Pramuka namun juga menyediakan pusat kegiatan kepemudaan yaitu Youth Center di GOR Rawang.

Pada bidang pendidikan, lanjutnya Pemkot Pariaman membuat program satu keluarga satu sarjana yaitu mengirim siswa tamatan SMA dari keluarga tidak mampu untuk kuliah di perguruan tinggi.

Hal tersebut bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda Pariaman agar memiliki kemampuan sehingga dapat bersaing kedepannya apalagi Indonesia akan menghadapi bonus demografi.

"Mempersiapkan generasi muda itu perlu, mereka yang akan menjadi pemimpin kita nantinya," katanya.

Ia mengatakan banyak ide inovatif dan kreatif dari pemuda untuk pembangunan daerah yang hal tersebut menurutnya karena pemuda memiliki pemikiran yang dinamis serta visioner.

Pada kesempatan tersebut Genius meminta KNPI terus memberikan peran untuk pembangunan daerah serta berpartisipasi aktif dalam pembangunan pusat kepemudaan yang sedang direvitalisasi pemerintah setempat.

Sementara itu, Ketua KNPI Kota Pariaman periode 2018-2021 Febrian Mirdani mengatakan Pemkot Pariaman selama ini telah banyak memberikan perhatian terhadap pemuda dengan membangun kawasan pemuda.

"Perhatian tersebut karena Pemkot Pariaman melihat adanya potensi besar dari pemuda, karena kalau dikalkulasikan ada 25 ribu pemuda di Pariaman," kata dia.

Ia meminta ketua dan pengurus KNPI Pariaman terpilih atau periode 2022-2025 dapat berkolaborasi dengan baik dengan semua pihak. Ia menambahkan pelaksanaan Musda tersebut seharusnya dilaksanakan pada tahun lalu namun tertunda karena pandemi COVID-19.

Ketua DPD KNPI Sumbar Nanda Satria mengatakan KNPI dapat berkolaborasi dengan pemerintah untuk mewujudkan bonus demografi yang didapatkan oleh Indonesia.

"Jangan sampai bonus demografi berubah menjadi bencana demografi," kata dia.