Diskominfo Pessel-Antara Sumbar kerja sama gelar bimtek pengelolaan website dan penulisan

id Bimtek, Diskominfo,Berita Sumbar

Diskominfo Pessel-Antara Sumbar kerja sama gelar bimtek pengelolaan website dan penulisan

Pembukaan Bimtek/Pelatihan pengelolaan website dan penulisan berita digelar Diskominfo Pessel berkerjasama dengan Antara Sumbar, Rabu (3/8). Kegiatan yang diikuti 30 orang tim penulis website dan wartawan mitra Diskominfo Pessel dibuka oleh Bupati Rusma Yul Anwar diwakili Asisten II Yoski Wandri didampingi Kadis Kominfo Junaidi. (ANTARA/Siri Antoni)

Painan (ANTARA) - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pesisir Selatan dengan Antara Sumbar berkerja sama melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) atau pelatihan dalam pengelolaan website dan penulisan konten sesuai dengan kaidah jurnalistik.

Kegiatan yang diikuti 30 orang tim penulis website dan wartawan mitra Diskominfo Pessel dibuka oleh Bupati Rusma Yul Anwar diwakili Asisten II Yoski Wandri didampingi Kadis Kominfo Junaidi, dan Kepala Biro Antara Sumbar Maswandi di Painan, Rabu.

Kadis Kominfo Pessel Junaidi dalam sambutannya menyampaikan, tujuan dari pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pengelolaan website dan wartawan yang bermitra dengan Diskominfo Pessel untuk melahirkan karya yang makin bagus.

Dengan pelatihan ini, kata dia, diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga ada peningkatan kapasitas dalam penulisan.

"Kami berterima kasih kepada LKBN Antara Sumbar yang berkenan untuk kerja sama dalam kegiatan pelatihan ini,"ucapnya.

Bupati Rusma Yul Anwar diwakili Asisten II Yoski Wandri menyampaikan, keberadaan website sangat penting dan strategis dalam sosialisasi program pembangunan daerah.

"Website banyak sekali manfaatnya dalam mendukung penyampaian program dan kegiatan pembangunan pemerintah daerah,"katanya.

Namun, dalam pengelolaan website tidak akan memberi dampak signifikan penyampaian informasi ke publik bila tidak dilakukan secara maksimal.

Oleh karena itu, menurut dia, salah satu solusinya melalui pelatihan jurnalistik sebagai upaya peningkatan SDM sehingga bisa menghasilkan konten-konten yang baik.

Apabila, produk berupa berita, feature dan foto diupload ke website makin berkualitas tentu akan makin banyak yang membaca.

Apalagi, tugas dan tanggungjawab menyampaikan informasi publik ini tidak akan bekerja efektif jika kemampuan untuk menciptakan suatu informasi atau berita yang akurat. Karenanya perlu ditingkatkan dengan menambah keahlian di bidang jurnalistik.

Skil jurnalistik saat ini tidak hanya diperlukan oleh wartawan, tapi juga penting bagi praktisi kehumasan, pembuat konten dan lainnya.

Dengan skil jurnalistik atau penulisan berita, pengelola website akan mudah membuat konten khususnya berita, feature dan artikel sehingga situs website terus update dan banyak dikunjungi dan pembaca.

Apalagi, era keterbukaan publik saat ini sebagai amanah UU Nomor 14 tahun 2018, bahwa informasi sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat.

Dalam pelatihan itu, pemateri dari dari Antara Sumatera Barat yakni, Maswandi, Ikhwan Wahyudi dan Iggoy Elfitra.*