Hakim vonis bebas Kadis Kesehatan Payakumbuh Bakhrizal

id pengadilan tipikor padang,kasus apd payakumbuh,covid-19,payakumbuh

Hakim vonis bebas Kadis Kesehatan Payakumbuh Bakhrizal

Suasana sidang putusan Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh Bakhrizal yang digelar di Pengadilan Tipikor Padang, Senin (1/8) malam. (Antara/Dokumentasi Pribadi)

Payakumbuh  (ANTARA) - Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Padang menvonis bebas Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Bakhrizal dari dakwaan dugaan korupsi Alat Pelindung Diri (APD) 2020.

Vonis bebas tersebut dibacakan langsung oleh Ketua Majelis Hakim Juandra, SH., pada sidang yang digelar Pengadilan Tipikor di Padang, Senin (1/8) malam.

Dalam putusannya Ketua Majelis Hakim menyampaikan bahwa tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) tidak dapat dibuktikan di dalam persidangan, maka dari itu dr. Bakhrizal dinyatakan divonis bebas.

Pengacara Bakhrizal, M. Nurhuda, SH., Cil saat dihubungi di Payakumbuh, Selasa, mengatakan bahwa divonis bebas dr. Bakhrizal oleh majelis hakim karena kliennya tidak terbukti secara sah unsur dengan tujuan menguntungkan diri sendiri, orang lain atau korporasi.

"Berdasarkan keterangan saksi, keterangan ahli, alat bukti surat berdasarkan fakta-fakta yang terungkap di persidangan unsur dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau korporasi tidak terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum," katanya

Ia mengatakan bahwa dari fakta-fakta dipersidangan dr. Bakhrizal melakukan perbuatannya semata-mata hanya untuk menjalankan perintah pimpinan dalam memenuhi kebutuhan permintaan tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam percepatan penanggulangan COVID-19 di Kota Payakumbuh.

"Dan tidak ada yang diuntungkan dari pengadaan APD tersebut dan bahkan terjadi ketekoran atau rugi dari penyelenggara dalam pengadaan APD tersebut. Sehingga pak Bakhrizal tidak terbukti melakukan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana tuntutan subsider JPU, oleh karena itu harus dibebaskan demi hukum," ujarnya.

Disampaikannya bahwa usai divonis bebas oleh hakim, pihaknya langsung mengurus berkas untuk kebebasan kliennya dan pada Senin (1/8) sekira pukul 23.30 WIB kliennya sudah bersama keluarganya di Lubuk Basung, Kabupaten Agam.

"Sekarang putusannya kan belum berkekuatan hukum tetap atau inkrah, jadi karena pak Bakhrizal merupakan tahanan hakim dan ketika divonis bebas hakim kita langsung mengurus agar bisa langsung pulang dan sekarang berkumpul bersama keluarga," kata dia.

Terkait upaya hukum untuk nama baik kliennya, pihaknya masih menunggu upaya hukum dari JPU dan ketika putusan sudah berkekuatan hukum tetap pihaknya baru akan melakukan upaya lainnya.