Sempat tertunda karena Men-PAN-RB meninggal, Pariaman jadwal ulang peresmian MPP 3 Agustus

id Kepala BPN Kota Pariaman,MPP Pariaman,berita pariaman,berita sumbar

Sempat tertunda karena Men-PAN-RB meninggal, Pariaman jadwal ulang peresmian MPP 3 Agustus

Kepala BPN Kota Pariaman menandatangani papan komitmen bersama menyukseskan MPP usai penandatanganan perjanjian kerja sama terkait MPP di Pariaman, Rabu. (ANTARA/Aadiaat M.S )

Pariaman, (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat menjadwalkan kembali peresmian Mall Pelayanan Publik (MPP) pada 03 Agustus 2022 yang sempat tertunda karena Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men-PAN-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia.

"MPP Pariaman sudah jalan tapi saya tetap minta diresmikan oleh Men-PAN-RB, awalnya akan diresmikan pada 7 Juli 2022 namun karena Menteri Tjahjo Kumolo meninggal dunia maka peresmian diundur jadi 03 Agustus," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar usai rapat persiapan dan penandatanganan kerja sama MPP dengan sejumlah pihak di Pariaman, Rabu (13/07).

Ia mengatakan untuk persiapan peresmian tersebut pihaknya melaksanakan penandatanganan kerja sama dengan sejumlah instansi lain sebagai pernyataan sikap kesediaan membuka pelayanan publik di MPP.

"Pelayanan publik merupakan tugas pemerintah baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat yang ada di daerah seperti instansi vertikal," katanya.

Ia menyebutkan adapun instansi pemerintahan yang ikut menyatakan sikap membuka pelayanan publik di MPP yaitu di antaranya kepolisian, kejaksaan, pajak, BPJS Kesehatan, dan BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, pihaknya juga memberikan sosialisasi terkait program unggulan di Kota Pariaman salah satunya Satu Keluarga Satu Sarjana sehingga warga dapat mengetahui cara agar bisa mengikuti program tersebut.

Pemkot Pariaman juga akan membuka pelayanan pembuatan paspor di MPP dengan pihak Imigrasi.

"Nanti kami minta pelayanannya minimal sekali dua minggu, tapi pedaftarannya bisa setiap hari," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pariaman meminta MPP yang dioperasikan sejak awal 2021 diresmikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

"Kalau bisa peluncuran MPP Pariaman dilakukan oleh menteri, kan pasar diresmikan oleh Wapres jadi MPP diresmikan oleh menteri," kata Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat menyambut tim evaluator dari KemenPAN-RB di Pariaman.

Ia mengatakan pihaknya sudah mulai membangun MPP semenjak 2019 dengan mengajak instansi vertikal yang ada di Pariaman.

Secara bertahap MPP di Pariaman terus dibenahi sehingga pada 2021 Pemkot Pariaman baru melaporkan keberadaan MPP kepada KemenPAN-RB. (*)