Rumah warga rusak diterjang angin kencang di Kecamatan Pantai Cermin

id Rumah warga rusak, diterjang, angin kencang, di Kecamatan, Pantai Cermin

Rumah warga rusak diterjang angin kencang di Kecamatan Pantai Cermin

Rumah warga rusak diterjang angin kencang di Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Sumbar (ANTARA/HO-Polres Solok)

Solok (ANTARA) - Sejumlah rumah warga mengalami kerusakan berat akibat diterjang angin kencang yang terjadi pada Kamis (30/6) di Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar).

Kapolsek Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Iptu Haryoto di Pantai Cermin, Kamis mengatakan pada hari ini tanggal 30 Juni 2022 telah terjadi angin badai di wilayah hukum Polsek Pantai Cermin.

"Setelah dilakukan monitoring dan pendataan oleh Polsek Pantai Cermin beserta personil dan Sekretaris Camat Pantai Cermin Wendrizal Yusti beserta staf ditemukan sejumlah rumah warga yang mengalami kerusakan," kata dia.

Bangunan rumah dan toko (ruko) mengalami rusak berat diantaranya ruko pemilik Reza Rahmadani (26) di Jorong Dalam Koto, Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin.

"Kerusakan yang dialami atap seng dan rangka atap dari kayu. Kerugian ditaksir Rp20 juta," kata dia.

Lebih lanjut, gilingan padi pemilik Muzardi (53) di Jorong Gaduang, Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin. Kerusakan yang dialami berupa atap seng dan rangka atap dari kayu.

"Kerugian ditaksir Rp15 juta," ujar dia.

Rumah warga selanjutnya yang mengalami kerusakan, yakni rumah Yulius (42) di Jorong Suliti Nagari Surian Kecamatan Pantai Cermin. Mengalami kerusakan atap seng dan rangka atap yang bebahan dari kayu dengan kerugian ditaksir Rp6 juta.

Rumah pemilik Tamrin (65) di Jorong Suliti Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin. Kerusakan yang dialami atap seng dengan kerugian yang ditaksir Rp6 juta.

Rumah Yindrawati (43) di Jorong Suliti, Nagari Surian, Kecamatan Pantai Cermin dengan kerusakan atap seng yang mengalami kerugian ditaksir Rp2 juta.

"Selain itu, kerusakan ringan di beberapa rumah, yaitu satu sampai tiga lembar atap seng yang diterbangkan angin. Saat sekarang listrik PLN masih padam di Jorong Dalam Koto, Nagari Surian kabel listrik tertimpa atap seng," ucap dia.

Selain itu, ia mengatakan sampai saat sekarang angin masih kencang, situasi Kamtibmas aman dan terkendali.

"Alhamdulillah tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu," kata dia.

Ia berharap bencana alam berupa angin badai tersebut segera berhenti dan cuaca kembali normal seperti sedia kala. Selain itu, ia mengimbau masyarakat agar tetap waspada.