Pemerintah RI dukung UMKM Agam berkembang hingga mancanegara

id Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga,Umkm agam,Bupati Agam, Andri Warman

Pemerintah RI dukung UMKM Agam berkembang hingga mancanegara

Wamendag dukung UMKM Agam tembus pasar dunia (Antara/ Al Fatah)

​​​​​​​Bukittinggi (ANTARA) - Pemerintah melalui Wakil Menteri Perdagangan RI mendukung penuh kegiatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Agam dan akan merealisasikan langkah promosi hingga ke luar negeri.

"Saya pikir ini bagus ya, ini bentuk kongkrit dari pengembangan UMKM dari produk lokal, saya coba tadi keju yang dikembangkan dalam bentuk makanan olahan dan minuman, tentunya ini kami support salah satunya dari aspek promosi untuk peningkatan ekspor," kata Wakil Menteri Perdagangan RI, Jerry Sambuaga, Selasa.

Wamendag bersama Bupati Agam, Andri Warman meninjau langsung salah satu pusat UMKM terkenal di Kabupaten Agam dan banyak disinggahi wisatawan, Taman Keju Lasi di Kecamatan Canduang.

Di tempat ini, Wamendag bersama rombongan menyaksikan langsung proses pembuatan makanan olahan yang berbahan asli susu sapi murni yang dikembangkan di pinggang Gunung Marapi, Sumbar.

Jerry mengatakan dukungan pemerintah juga akan dilanjutkan dengan jadwal yang tersusun antara seluruh komponen bisnis secara profesional.

"Melalui business matching, atau pertemuan bisnis yang terjadwal dari pelaku UMKM dengan calon mitranya nanti, itu sangat membantu produksi lokal," kata Jerry.

Menurutnya, pertemuan bisnis itu akan dilakukan di beberapa negara untuk produk ekspor yang dilakukan oleh perwakilan Kementerian Perdagangan.

Wamendag juga memberikan apresiasi kepada Bupati Agam yang turut serta membangun ekonomi khususnya dari UMKM yang diharapkan mampu menembus produk hingga ke luar negeri.

"Ini luar biasa pengembangan UMKM nya, terimakasih Pak Bupati, saya harapkan menjadi tolak ukur bagi daerah lain dalam upaya menembus pasar ekspor," katanya.

Ia mengatakan pemerintah juga akan membantu proses revitalisasi pasar di Kabupaten Agam sesuai dengan aturan.

"Tahun ini sudah ada satu pasar yang akan direvitalisasi di Agam, Pasar Baso, selain itu kami akan memfollow up permintaan lain dari Bupati, akan disesuaikan dengan aturannya," kata Jerry.

Rombongan Wamendag kemudian menyempatkan waktu mencicipi kuliner asli Kabupaten Agam yaitu Nasi Kapau yang saat ini juga menjadi salah satu nominasi makanan tradisional terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2022.