Pemkab Solok luncurkan program lumbung sosial tingkat kecamatan

id Dinas Sosial, Kabupaten Solok, luncurkan, program lumbung sosial, tingkat kecamatan

Pemkab  Solok luncurkan program lumbung sosial tingkat kecamatan

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Solok Soufitri (kanan) saat menyerahkan bantuan untuk warga korban banjir bandang di Nagari Air Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok (ANTARA/ho-humas)

Arosuka (ANTARA) - Dinas Sosial Kabupaten Solok, Sumbar meluncurkan program lumbung sosial tingkat kecamatan yang bertujuan untuk menanggulangi bencana alam seperti bencana banjir, tanah longsor, gempa bumi, dan bencana alam lainnya di daerah setempat.

Kepala Dinas Sosial Soufitri melalui Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Solok Hendrianto di Solok, Minggu mengatakan lumbung sosial tersebut bertujuan untuk memberikan penanganan langsung ke para pengungsi yang terdampak bencana atau musibah di tingkat kecamatan agar mudah dijangkau masyarakat yang membutuhkan.

Menurutnya peluncuran program lumbung sosial ini juga dikarenakan Kabupaten Solok merupakan daerah rawan bencana dengan kondisi geografis pegunungan dan perbukitan.

Hendrianto menyebutkan titik penempatan lumbung sosial ditempatkan di tiga kecamatan, yakni wilayah utara dipusatkan di kantor camat X Koto Singkarak, wilayah tengah di kantor camat Kubung sedangkan untuk selatan dipusatkan di Kecamatan Lembah Gumanti.

"Sedangkan lumbung sosial induk yang berpusat di kantor Dinas Sosial Kabupaten Solok," ujar dia.

Lumbung sosial ini bertujuan untuk memastikan jika suatu saat nanti terjadi bencana alam di daerah setempat. Dengan demikian Pemerintah Kabupaten Solok telah siap mengantisipasi logistik untuk warganya dengan keberadaan lumbung sosial.

Ia mengharapkan ke depannya lumbung sosial tidak hanya bertempat di tiga kecamatan saja, melainkan dapat terakomodir di 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Solok.

Selain itu, ia mengatakan program ini langsung bersentuhan dengan masyarakat dan merupakan salah satu program dari bupati Solok dalam mewujudkan visi misi membangkit batang terendam.

"Adapun isi dari lumbung sosial ini berupa peralatan tidur, makanan cepat saji, serta pakaian yang dibutuhkan masyarakat saat itu," ujar dia.

Di samping itu, Camat Lembah Gumanti Zul Bakti mengatakan program lumbung sosial sangat dibutuhkan manfaatnya oleh masyarakat terdampak bencana atau musibah di daerah itu.

"Salah satu manfaat dari keberadaan lumbung sosial ini adalah langsung memberikan bantuan ke masyarakat yang terdampak kebakaran beberapa bulan lalu di daerah ini," ujar dia.

Ia mengatakan sejak keberadaan lumbung sosial yang diposkokan langsung di kantor camat Lembah Gumanti sudah banyak membantu masyarakat.