Hurkacz kalahkan Medvedev untuk memenangi turnamen lapangan rumput ATP 500 di Halle

id tenis,Hurkacz,Medvedev

Hurkacz kalahkan Medvedev untuk memenangi turnamen lapangan rumput ATP 500 di Halle

Petenis Polandia Hubert Hurkacz merayakan dengan trofi setelah memenangi pertandingan final Halle Open melawan petenis Rusia Daniil Medvedev di Stadion Gerry Weber, Halle, Jerman, Minggu (19/6/2022). (ANTARA/REUTERS/Wolfgang Rattay)

Jakarta, (ANTARA) - Petenis Polandia Hurbert Hurkacz mengalahkan petenis nomor satu dunia Danill Medvedev 6-1, 6-4 untuk memenangi turnamen lapangan rumput ATP 500 di Halle, Jerman, Minggu.

Petenis nomor 12 dunia Hurkacz mengalahkan Medvedev dan Roger Federer dalam perjalanannya ke semifinal Wimbledon tahun lalu dan menunjukkan bahwa dia sekali lagi akan menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan ketika turnamen mayor tersebut dimulai pada 27 Juni.

Halle adalah gelar tunggal ATP kelima petenis Polandia berusia 25 tahun itu, dan dia mempertahankan rekornya di final sejauh ini tanpa cacat dengan kemenangannya yang diraih dalam waktu satu jam ketika dia mengonversi matchpoint keduanya dengan pukulan backhand volley.

"Saya sangat bersemangat, saya sudah menunggu sedikit untuk (gelar) pertama saya tahun ini," kata Hurkacz dalam pidato kemenangannya, dikutip dari Reuters.

"Saya senang memenangi gelar ATP 500 pertama saya dan tentu saja, di atas rumput itu sangat istimewa."

"Daniil adalah pemain yang luar biasa. Dia adalah pemain terbaik di dunia sehingga sangat sulit untuk memainkannya. Semua tembakan yang tepat berhasil saya lakukan di awal, jadi saya pasti mendapatkan banyak momentum dari itu."

Sebaliknya, itu adalah kekalahan kelima berturut-turut dalam pertandingan kejuaraan bagi Medvedev, yang belum pernah memenangi gelar sejak mengalahkan Novak Djokovic dalam US Open 2021 untuk kemenangan besar perdananya.

Medvedev, yang tidak akan diizinkan bertanding di Wimbledon karena larangan terhadap pemain Rusia dan Belarus, datang ke pertandingan hari Minggu dengan tidak kehilangan satu set pun sambil menyelamatkan 22 dari 23 break point yang dihadapinya selama empat pertandingannya.

Namun petenis Rusia itu kesulitan mendapatkan servis pertamanya saat Hurkacz langsung memimpin 5-0 dengan dua break dari umpan lawannya.

Medvedev akhirnya memenangi gim saat servis pada kedudukan 1-5 sebelum Hurkacz menutup set pembuka dalam waktu 27 menit.

Namun, kekecewaan Medvedev tidak berakhir pada set kedua saat petenis Polandia itu sekali lagi mematahkan servisnya lebih awal, terus mendominasi reli baik dari belakang lapangan maupun ketika dia maju ke net.

Medvedev menyelamatkan dua breakpoint untuk memenangi servis di gim ketujuh untuk tetap dekat dengan Hurkacz, tetapi dia tidak bisa mendapatkan break kembali melawan lawannya, yang tidak membiarkan petenis Rusia itu mendapatkan satu peluang pun pada servisnya sendiri sepanjang pertandingan.

"Saya melakukan servis dengan cukup baik hari ini dan mendapat sedikit momentum dari gim pertama," kata Hurkacz.

"Saya menyelamatkan beberapa deuce pada permainan servis saya dan kemudian saya berhasil mematahkan servis Daniil, jadi saya pasti mendapat sedikit momentum. Saya sangat senang dengan kemenangan di depan penonton yang luar biasa di sini," ujarnya menambahkan. (*)

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Hurkacz kalahkan Medvedev untuk dapatkan gelar Halle