Cegah pungli di Pantai Padang, Polresta dirikan pos pemantau

id pantai padang,pungli obyek wisata,polresta padang,libur lebaran

Cegah pungli di Pantai Padang, Polresta dirikan pos pemantau

Personel gabungan melakukan pemantauan di kawasan Pantai Padang, Sumbar, pada Selasa (3/5). (ANTARA/FathulAbdi)

Padang, (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mendirikan pos pemantau untuk mengantisipasi adanya tindakan pungutan liar (pungli), premanisme dan sejenisnya di Pantai Padang yang merupakan destinasi wisata kota itu.

"Jika ada masyarakat yang mengalami aksi premanisme atau pungli, silahkan melapor ke pos pemantau yang telah kami dirikan," kata Kepala Kepolisian Resor Kota Padang Kombes Pol Imran Amir, di Padang, Selasa.

Ia mengatakan laporan tersebut akan direspon serta ditindak lanjuti oleh personel kepolisian yang berjaga di pos pemantau.

Pos pemantauan, katanya untuk menghadirkan rasa aman bagi masyarakat yang datang berwisata ke Pantai Padang saat momen libur Lebaran.

Menurutnya ada beberapa tim gabungan yang ditempatkan di pos pemantau mulai dari personel berseragam, tim Operasional Satuan Reserse Kriminal (berpakaian sipil), hingga personel dari Satbrimob Polda Sumbar.

Ia menyebutkan untuk personel dari Brimob yang ditempatkan di sana sebanyak enam orang, sementara itu ada juga personel dari Satpol-PP sebanyak enam orang.

"Personel Satpol PP itu ditempatkan di sana khusus untuk merespon tindakan yang berkaitan dengan pelanggaran Peraturan Daerah (Perda) Kota Padang," jelasnya.

Imran Amir yang merupakan putera daerah mengimbau kepada para wisatawan agar tidak cemas untuk datang ke Pantai Padang karena pihaknya telah menyiapkan pengamanan.

Ia juga meminta kepada wisatawan agar tidak takut melapor ketika menjadi korban dari aksi premanisme, pungutan liar, atau tindakan pidana lainnya.

Sebelumnya, Pantai Padang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan yang kerap dikunjungi oleh masyarakat di momen Lebaran.

Pengunjung objek wisata yang menjanjikan pemandangan laut itu tidak hanya warga lokal, namun juga wisatawan provinsi tetangga seperti Pekanbaru, Jambi, dan lainnya.

Pada bagian lain, personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang juga ikut menyiagakan personel untuk mengantisipasi kejadian bencana di Pantai Padang.