Kelompok pemuda di Tanah Datar gelar berbuka bersama 100 santri Tahfidz

id Tahfidz dan pemuda RFC tanah datar,Berita tanah datar

Kelompok pemuda di Tanah Datar gelar berbuka bersama 100 santri Tahfidz

Para Tahfidz dan pemuda RFC serta tokoh masyarakat berfoto bersama pada pelaksanaan buka bersama di Tanah Datar, Jumat. (ANTARA/Mutiara)

Padang (ANTARA) - Kelompok pemuda Remaja Family Club (RFC) Balai Gadang, Koto Laweh, di Kabupaten Tanah Datar menggelar kegiatan berbuka bersama 100 santri Tahfidz dalam rangka memeriahkan Ramadhan 1443 H.

"Dalam rangka memeriahkan Ramadhan 1443 H, para pemuda berinisiatif untuk mengadakan kegiatan berbagi dengan para generasi penerus yang kebetulan di daerah ini terdapat santri Tahfidz," kata Ketua Pembina RFC, Olga di Tanah Datar, Jumat.

Ia mengatakan inti dari kegiatan ini adalah untuk mengajarkan kepada para pemuda bagaimana rasa berbagi kepada sesama dan meningkatkan rasa solidaritas.

Kegiatan ini merupakan kali pertama digelar oleh para pemuda RFC yang sumber dananya berasal dari donasi para pemuda, termasuk beberapa tokoh masyarakat di daerah tersebut.

"Meski kegiatan berbuka bersama ini baru pertama kali diadakan, Alhamdulillah bisa berjalan dengan lancar walaupun ada sedikit kendala," ucapnya.

Ia berharap kegiatan berbagi ini juga dapat terus berlanjut tidak hanya di bulan ramadhan saja namun juga di luar ramadhan termasuk di ramadhan tahun berikutnya.

Selain itu, pihaknya berharap apapun program kerja yang digelar oleh para pemuda baik di bidang keagamaan, kesenian, olahraga dan lainnya dapat berjalan lancar serta tetap bersatu menjaga kekompakan.

Sementara itu, Ketua RFC, Dasril mengatakan acara ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara sesama anggota RFC.

"Silaturahmi RFC dilakukan dengan buka bersama anak-anak Tahfiz Mesjid Alam Koto Laweh dan dengan tokoh masyarakat," ujarnya.

Sebelum kegiatan berbuka dimulai, para Tahfidz diajak melaksanakan sholat Ashar berjamaah serta dilanjutkan dengan pemutaran video keagamaan agar mendapat ilmu yang bermanfaat.

Setelah itu, para Tahfidz diarahkan menuju ke kantor Wali Nagari Koto Laweh untuk pembagian takjil dan menu berbuka.

Usai pembagian takjil dan menu berbuka, para pemuda melanjutkan kegiatan berbuka bersama masyarakat dan beberapa tokoh masyarakat serta turut dihadiri oleh Ketua Komisi II DPRD Tanah Datar, Dedi Irawan.

Dedi juga ikut berpartisipasi dalam acara tersebut dengan ikut berdonasi serta turut hadir berbuka bersama para pemuda.

Ia mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh para pemuda tersebut dan berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut untuk ke depannya.

Selain itu, Dedi menyatakan bahwa dirinya akan siap mendukung setiap kegiatan para pemuda yang bernilai positif.