RSAM siagakan layanan untuk pasien rujukan korban gempa Pasaman Barat

id berita bukittinggi,berita sumbar,gempa

RSAM siagakan layanan untuk pasien rujukan korban gempa Pasaman Barat

Dirut RSAM, Busril. (Antarasumbar/Al Fatah)

RSAM sebagai rumah sakit rujukan tipe B di Sumatera Barat bagian utara dan berdekatan dengan Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman,
Bukittinggi (ANTARA) - Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi menyatakan siap menampung pasien rujukan korban gempa Pasaman Barat, pihak rumah sakit juga telah mendirikan tenda dan menyiagakan dokter serta perawat.

"RSAM sebagai rumah sakit rujukan tipe B di Sumatera Barat bagian utara dan berdekatan dengan Kabupaten Pasaman Barat dan Pasaman siap menerima pasien yang dirujuk dari RS tipe C di bawahnya," kata Dirut RSAM, Busril di Bukittinggi, Jumat.

Ia mengatakan sejauh ini belum ada seorangpun pasien yang berasal dari korban gempa Pasaman Barat yang dirawat di RSAM.

"Walaupun belum ada yang datang, tapi kita tetap telah mempersiapkan kemungkinan kedatangan pasien korban gempa ini sejak satu jam setelah gempa itu terjadi, artinya sejak pagi tadi RSAM telah siaga," kata dia.

Busril mengatakan pihaknya telah berkoordinasi ke seluruh satuan kerja kesehatan dan rumah sakit yang ada di Pasaman dan Pasaman Barat.

"Kita sudah komunikasikan dengan pihak terkait di daerah terdampak yaitu RS Simpang Ampek, RSUD dan Ibnu Sina bahwa RSAM siap membantu," katanya.

Ia menyebut telah ada beberapa orang korban dari Pasaman Barat yang dirujuk namun lebih memilih diantar ke Kota Padang karena jalur transportasi yang lebih cepat ke Padang.

"Kita maklumi perjalanan dari Kabupaten Pasaman Barat ke Kota Bukittinggi lebih lama dan berat karena kelok 44 serta kondisi di daerah Malampah yang juga terdampak gempa," ujarnya.

Busril menegaskan pihaknya telah menyiagakan tenaga ahli kesehatan seperti dokter bedah, dokter bedah tulang dan spesialis lainnya untuk menyiagakan kemungkinan bertambahnya korban gempa.

"Tenda sudah juga dipasang di setiap halaman yang bisa dipasangi, sekali lagi kita tegaskan RSAM siap," tegasnya.