Perangkat nagari dukung ULP Solok lakukan pembersihan jaringan

id PLN, ULP Solok

Perangkat nagari dukung ULP Solok lakukan pembersihan jaringan

Tim PLN ULP Solok membersihkan jaringan bersama perangkat nagari. (ANTARA/HO-PLN)

Solok (ANTARA) - PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Solok datangi Nagari Kuncir Kecamatan X Koto Diatas Surdi Efendi, guna sosialisasikan program pembersihan jaringan listrik yang akan dilakukan tim PLN di daerah tersebut.

Kedatangan tim PLN ULP Solok disambut Wali Nagari Surdi Efendi di ruang kerjanya, pada 14 Februari 2022.

PLN ULP melalui petugas khusus Right Of Way (ROW) PLN ULP Solok targetkan gotong-royong (goro) membersihkan jaringan listrik di sekitar Nagari Kuncir Kuning dari ranting pohon, umbul-umbul, maupun layangan yang berpotensi menimbulkan gangguan listrik.

Manager ULP Solok Ardiman menyampaikan hal ini mengingat Nagari Kuncir memiliki banyak ekosistem pepohonan yang berdampingan dengan jaringan PLN. Goro pembersihan jaringan dilakukan sebagai pencegahan pohon ataupun benda-benda lain mengenai jaringan listrik.

‘’Pohon-pohon di nagari ini sudah cukup tinggi dan berjarak terlalu dekat dengan jaringan PLN. Goro pembersihan jaringan adalah langkah antisipasi PLN untuk menghindari pepohonan mengenai jaringan PLN. Pohon tumbang atau mengenai jaringan PLN menjadi salah satu penyebab pemadaman atau gangguan listrik,’’ jelas Ardiman.

Pohon tumbang, disebutkan Ardiman, akan otomatis mengakibatkan pemadaman listrik. Potensi gangguan eksternal seperti ini dapat diminimalisir dengan kerjasama dari masyarakat. Seperti izin dan dukungan dari perangkat-perangkat pemerintahan kepada PLN untuk melakukan gotong royong pembersihan jaringan, sosialisasi bersama PLN dan perangkat pemerintahan kepada masyarakat, ataupun inisiatif setiap warga untuk menjaga jarak tanaman dari jaringan listrik.

‘’Kami juga menghimbau agar menghindari pemasangan umbul-umbul dekat jaringan PLN. Hindari pula bermain layang-layang terlalu dekat dengan jaringan listrik,’’ lanjut Ardiman.

Wali Nagari Kuncir Surdi Efendi mendukung penuh kegiatan gotong royong pembersihan jaringan oleh PLN ULP Solok.

Surdi pun mengutus Wali Jorong untuk melakukan pendampingan langsung di jorong masing-masing yang didatangi tim PLN.

‘’Jika akhirnya adalah untuk kebaikan masyarakat, yaitu untuk keandalan jaringan atau meminimalisir pemadaman, saya akan dukung gotong

royong ini dapat berjalan dengan lancar. Kami dari perangkat nagari nanti juga akan membantu meyakinkan masyarakat jika ada yang belum memberi izin menebang pohonnya,’’ lanjut Surdi kemudian.

PLN memastikan akan melakukan langkah terbaik agar masyarakat dapat menikmati listrik andal dan aman. ‘’Terima kasih atas dukungan seluruh perangkat nagari. Semoga kerjasama kita dan kerja cerdas dari Tim ROW PLN meningkatkan pelayanan kami kepada masyarakat sekitar,’’ sebut Ardiman.*