Pessel miliki potensi wisata arung jeram

id berita pessel,berita painan,berita sumbar,Nagari Limau Gadang Lumpo

Pessel miliki potensi wisata arung jeram

iLUSTRASI - Arum Jeram (Dok Pemkab)

Painan (ANTARA) - Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat memiliki potensi wisata arung jeram dengan tersedianya sungai yang memiliki arus deras, bebatuan serta pemandangan yang asri diseputar pinggiran sungai.

Seperti sungai yang mengalir di Nagari Limau Gadang Lumpo, Kecamatan IV Jurai yang memiliki arus sungai yang cocok untuk dijadikan sarana arung jeram dan bila dikelola dengan baik, maka mampu meningkatkan arus kunjungan wisata. Hal itu disampaikan Walinagari Limau Gadang Lumpo, Nasrul Datuak Rajo Bagindo di Painan Kamis.

Ia juga menyambut positif program pengembangan kawasan Ekowisata oleh balai besar taman nasional kerinci selatan dan Pemkab Pesisir Selatan, yang bisa mempopulerkan objek arung jeram tersebut apalagi tersedia sarana dan prasarana penunjang bagi wisatawan.

Menurut Nasrul, aliran sungai yang mengalir disepanjang nagari ini sangat potensial dikembangkan sebagai wisata atraksi. Oleh karena itu perlu adanya pemahaman kepada masyarakat akan potensi tersebut sehingga pengembangannya mampu membawa dampak ekonomi.

"Selain wisata arum jeram, kegiatan lainnya yang bisa dilakukan seperti camping, hiking, memotret, santai menikmati pemandangan alam, pendidikan konservasi, rekreasi, penelitian ilmiah, pendidikan lingkungan, identifikasi flora dan fauna," ucap Nasrul lagi.