Perempuan ambil andil jadi calon Kades di Pariaman

id berita pariaman,berita sumbar,calon

Perempuan ambil andil jadi calon Kades di Pariaman

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman, Hendri. (Antarasumbar/Aadiaat M.S)

Sebelumnya ada empat sampai lima bakal calon dari kalangan perempuan,
Pariaman (ANTARA) - Sejumlah perempuan di Kota Pariaman, Sumatera Barat mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak dengan mendaftar sebagai bakal calon yang satu diantaranya telah ditetapkan sebagai calon.

"Sebelumnya ada empat sampai lima bakal calon dari kalangan perempuan, saat seleksi aspirasi tinggal satu orang yang lulus dan ditetapkan sebagai calon kades," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman, Hendri di Pariaman, Kamis.

Ia menyebutkan setidaknya pada Pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada 12 Februari 2022 diikuti oleh 18 desa dengan 68 calon kades yang satu diantaranya adalah perempuan yakni Fitri Yanti dari Desa Toboh Palabah, Kecamatan Pariaman Selatan.

Ia mengatakan dengan keikutsertaan perempuan pada Pilkades maka menunjukkan terjadi peningkatan keterlibatan perempuan dalam pembangunan di Kota Pariaman.

Hal tersebut, lanjutnya juga sebagai bukti bahwa telah terjadi kesetaraan gender atau laki-laki dan perempuan memiliki hak yang sama di Kota Pariaman yakni dipilih dan memilih serta dipimpin dan memimpin.

"Calon Pilkades itu tidak menutup kemungkinan dari perempuan, dengan adanya calon dari perempuan maka menunjukkan emansipasi wanita," katanya.

Ia mengatakan saat ini proses Pilkades di Pariaman pada tahap pemutakhiran data pemilih tetap agar seluruh warga yang sudah memiliki hak pilih dapat memberikan suaranya pada hari pemungutan suara.

Selanjutnya, kata dia pihaknya juga merekrut kelompok penyelenggara pemungutan suara serta melaksanakan bimbingan teknis terhadap mereka sehingga dapat melaksanakan pemungutan suara dengan baik.

Saat ini calon Kades pada Pilkades serentak di Pariaman telah mulai melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat sedangkan kampanye terjadwal dilaksanakan pada 6, 7, dan 8 Februari 2022.

"Artinya kami memberikan jadwal kepada para calon untuk berkampanye secara resmi selama tiga hari," ujarnya.

Sebelumnya, pengumuman penetapan bakal calon kepala desa (kades) menjadi calon kades untuk pelaksanaan pemilihan serentak di 18 desa di Kota Pariaman, Sumatera Barat dijadwalkan dilaksanakan pada Minggu (19/12).

"Senin (20/12) langsung dilakukan pengundian nomor urut dan penandatanganan fakta integritas," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kota Pariaman, Hendri di Pariaman.

Ia mengatakan saat ini proses pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kota Pariaman masih tahap seleksi administrasi yang di dalamnya termasuk seleksi tambahan dengan cara kotak aspirasi untuk empat desa di daerah itu yang memiliki lebih dari lima bakal calon.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2022