Berdayakan disabilitas, PLN Sumbar serahkan bantuan kepada PPDI

id PLN, disabilitas

Berdayakan disabilitas, PLN Sumbar serahkan bantuan kepada PPDI

PLN Sumbar serahkan bantuan kepada PPDI untuk berdayakan didabilitas. (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar menyerahkan bantuan pemberdayaan bagi penyandang disabilitas yang tergabung dalam Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) pada Senin (20/12).

Bertempat di rumah Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Menjahit Komplek Unand Blok D Padang, penyerahan dilakukan secara simbolik oleh Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum Cipto Adi Sumartono kepada ketua PPDI Icun Sulhadi, S.Pd. Selain SRM KKU PLN UIW Sumbar dan ketua PPDI, turut hadir pula Sekretaris PPDI Antoni Tsaputra, Lurah Bandar Buat Sri Utari SB, SE, dan perwakilan penyandang disabilitas KUBE menjahit.

Total bantuan dana yang diserahkan adalah senilai Rp. 93.704.000 yang akan digunakan untuk pengembangan 4 kelompok KUBE diantaranya kube menjahit, kube Cafe & warung kopi, kube Pijat dan kube Usaha P&D. Para penyandang disabilitas ini mendapat bantuan peralatan untuk berkarya dan mengembangkan usaha mereka, seperti dirilis di Padang, Selasa.

SRM KKU PLN UIW Sumbar Cipto Adi menyebut pada kesempatan kali ini PLN memberikan dukungan lewat peralatan agar usaha pelaku KUBE dapat berkelanjutan ditengah pandemi yang melanda dunia. Cipto menjelaskan bantuan ini sesuai dengan semangat dan pilar pemberdayaan dalam program TJSL PLN.

“Pemberian bantuan TJSL membawa secercah harapan agar dapat membantu mempermudah penyandang disabilitas dalam meningkatkan taraf hidup dan ekonomi mereka. Teman-teman disabilitas juga merupakan mitra dari PLN, kami akan terus dukung dan mendorong pengembangan potensi mereka agar dapat berdikari,” ungkap Cipto. Memanfaatkan jejaring serta dukungan dari seluruh pihak, dan dengan dilengkapi sarana prasarana, KUBE PPDI akan berjalan dengan sukses.

Sementara itu, ketua PPDI Icun Sulhadi menyampaikan rasa syukurnya atas dukungan PLN terhadap para penyandang disabilitas. Menurutnya selama ini para penyandang disabilitas rentan terhadap diskriminasi perlakuan, sehingga mereka kerap sulit dalam melakukan aktivitas.

“Untuk bisa mandiri kami membutuhkan modal yang cukup besar, baik untuk pembelian peralatan maupun pembinaan. Belum lagi perbedaan perlakuan yang kami terima di tengah masyarakat. Oleh karena itu kehadiran CSR PLN ini sangat membantu dan membangkitkan semangat kami untuk meningkatkan keterampilan dan mengembangkan minat bakat,” ujarnya.

Lurah Bandar Buat Sri Utari SB, SE menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada PLN yang selalu membantu meringankan beban PPDI daerahnya melalui program CSR.

“Apresiasi saya sampaikan kepada PLN yang semakin peduli, tanpa membedakan penyandang disabilitas dengan kelompok usaha lain. Bersama-sama mengembangkan potensi dan meningkatkan kemandirian penyandang disabilitas sehingga siap berkarya dan diterima di tengah masyarakat. Semoga bantuan ini berkelanjutan dan berdampak signifikan di masa depan,” ucap Sri Utari.
PLN Sumbar serahkan bantuan kepada PPDI untuk berdayakan didabilitas. (ANTARA/HO-PLN)