Wabup tegaskan pelaksanaan Pilwanag serentak 2021 di Tanah Datar harus terapkan prokes

id berita tanah datar,berita sumbar,pilwanag

Wabup tegaskan pelaksanaan Pilwanag serentak 2021 di Tanah Datar harus terapkan prokes

Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian gelar apel kesiapan pengamanan Pilwanag 2021. (Antarasumbar/HO)

Pelaksanaan tahapan Pilwanag kali ini berbeda dengan biasanya,
Batusangkar (ANTARA) - Wakil Bupati (Wabup) Tanah Datar, Sumatera Barat, Richi Aprian mengharapkan pelaksanaan Pemilihan Wali Nagari (Pilwanag) serentak 2021 di daerah itu harus menerapkan protokol kesehatan (Prokes) guna mencegah penyebaran virus COVID-19.

"Pelaksanaan tahapan Pilwanag kali ini berbeda dengan biasanya, karena masih di tengah pendemi COVID-19, sehingga harus melakukan penerapan protokol kesehatan yang ketat," kata dia usai apel pasukan kesiapan pengamanan Pilwanag serentak 2021 di Batusangkar, Rabu.

Ia mengatakan pelaksanaan pemilihan wali nagari serentak di Tanah Datar akan dilaksanakan besok Kamis, 16 Desember 2021 dan diikuti sebanyak 21 nagari di 11 kecamatan.

Sebanyak 21 nagari yang mengikuti itu akan diikuti sebanyak 93 orang bakal calon (bacalon) wali nagari dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 232 buah dengan jumlah pemilih sebanyak 76.293 orang.

"Mari kita bersama-sama untuk mensukseskan pilwanag 2021 serentak hingga berjalan aman damai," katanya.

Ia mengatakan terkait dengan digelarnya apel pengamanan Pilwanag 2021 adalah untuk melihat kesiapan personil yang mana rangkaian kegiatan pengamanan telah dilaksanakan sejak tanggal 6 Desember 2021.

Untuk pengamanan nantinya akan diamankan oleh sebanyak 166 personel dari Polres Tanah Datar, 154 personil dari Kodim 0307 Tanah Datar dan ditambah anggota Satpol PP Tanah Datar.

Wabup juga berharap kepada seluruh personel yang terlibat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan melaporkan kendala yang dihadapi dan berkoordinasi dengan panitia pemilihan serta laksanakan patroli rutin ke lokasi-lokasi rawan seperti tempat penyimpanan logistik pilwanag serta lokasi TPS.

"Kita berharap kepada seluruh personel yang terlibat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, karena dimasa pendemi selain melakukan pengamanan harus juga melakukan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19," katanya.