Wabup harapkan penghargaan kabupaten terkreatif pacu semangat pelaku wisata di Tanah Datar

id berita tanah datar,berita sumbar,wisata

Wabup harapkan penghargaan kabupaten terkreatif pacu semangat pelaku wisata di Tanah Datar

Wakil Bupati Tanah, Datar Richi Aprian. (Antarasumbar/HO)

Sehingga menjadikan Tanah Datar sebagai tujuan utama bagi wisatawan baik mancanegara maupun domestik,
Batusangkar (ANTARA) - Wakil Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat, Richi Aprian mengharapkan penghargaan kabupaten terkreatif yang diterima Pemerintah Kabupaten (Pemkab) tersebut dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekra RI) bisa memacu semangat pelaku wisata untuk berkembang dan lebih kreatif lagi.

"Sehingga menjadikan Tanah Datar sebagai tujuan utama bagi wisatawan baik mancanegara maupun domestik," kata Richi di Batusangkar Senin.

Ia mengatakan sektor pariwisata merupakan salah satu program unggulan Tanah Datar dalam meningkatkan kreatifitas dan ekonomi masyarakat dengan program satu nagari satu iven wisata.

Saat ini Tanah Datar sudah memiliki sebanyak 176 destinasi wisata yang tersebar di seluruh kecamatan dengan sebagian besarnya merupakan wisata alam.

Ia mengatakan dalam mengembangkan pariwisata pihaknya juga mengembangkan pola Academisi, Bisnis, Goverment dan Comunity ( ABG plus C) untuk meningkatkan pendapatan daerah di sektor pariwisata.

"Saya bersama Bupati Tanah Datar, Eka Putra tentu selalu berharap agar koordinasi dan kolaborasi antara Academics, Bussinessman, Community And Government khususnya dengan perantau semakin optimal dalam mewujudkan Tanah Datar yang lebih maju," katanya.

Sebelumnya Kabupaten Tanah Datar meraih penghargaan Kabupaten/Kota (KaTa) Kreatif 2021 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI.

Penghargaan itu diserahkan langsung Menteri Sandiaga Uno kepada Wakil Bupati Tanah Datar, Richi Aprian bersama 10 kabupaten kota lainnya se Indonesia yang digelar Ballroom Swis Bell Hotel Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (30/11).

10 kabupaten kota itu yakni Kabupaten Banjar Negara, Karang Anyar, Tanah Datar, Wakatobi, Kota Salatiga, Ambon, Banda Aceh, Bandung, Cimahi, Pekalongan dan Kota Balikpapan.