PLN UP3 Padang turunkan tim PDKB untuk kawal MTQ ke-39 tingkat Sumbar

id PLN, MTQ Sumbar

PLN UP3 Padang turunkan tim PDKB untuk kawal MTQ ke-39 tingkat Sumbar

PLN UP3 Padang turunkan tim PDKB untuk MTQ ke-39 tingkat Sumbar di Padang Panjang. (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan Tegangan Menengah (PDKB-TM) PLN UP3 Padang turut berpartisipasi kawal perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-39 tingkat Provinsi Sumatera Barat yang akan berlangsung mulai Jumat ini (12/11) hingga Jumat depan (19/11) di Padang Panjang Sumatera Barat.

Tujuh orang petugas PDKB-TM UP3 Padang diturunkan langsung ke lokasi acara GOR Khatib Sulaeman Bancah Laweh dan Masjid Islamic Center di Koto Katik Padang Panjang, pada Kamis.

Tim berkoordinasi dengan bagian Teknik PLN Unit Layanan Pelanggan Padang Panjang, teknik PLN UP3 Bukittinggi serta bagian Teknik UP3 Padang untuk melakukan pekerjaan dalam keadaan bertegangan.

Assistant Manager PDKB PLN Sumbar Monli Arsyi menjelaskan Tim PDKB-TM UP3 Padang melakukan pekerjaan dengan tanpa padam untuk penyambungan Unit Gardu Bergerak (UGB) ke jaringan TM di lokasi GOR Khatib Sulaeman Bancah Laweh.

"UGB ini berkapasitas 2x250kVA, berfungsi sebagai back-up daya jika terjadi hal-hal yang tidak sesuai seharusnya dalam keandalan listrik. Umpama safety keandalan lapis ketiga,"ujarnya.

Selanjutnya, tim PDKB-TM UP3 Padang pun melakukan pemasangan Cut-Off (CO) pada jaringan TM di Masjid Islamic Center.

‘’Ini berfungsi seperti sekring di titik beberapa jaringan yang terhubung, satu jaringan eksisting dan yang lainnya jaringan cadangan. Sehingga dapat berpindah otomatis jika salah satu jaringan mengalami gangguan. Hal ini sebagai antisipasi dan menjamin keandalan lokasi Masjid Islamic Center sebagai arena lomba MTQ,’’ jelas Monli.

Dengan pekerjaan penguatan sistem jaringan kelistrikan dari Tim PDKB-TM UP3 Padang pada 11 November 2021, PLN semakin siap menjamin keandalan listrik sepanjang gelaran MTQ Nasional ke-39 Provinsi Sumatera Barat di beberapa lokasi Padang Panjang.

‘’PDKB baru saja merayakan HUT PDKB ke-28 pada Rabu (10/11) lalu. Dan ini merupakan bakti PDKB di usianya yang baru yaitu berpartisipasi menjaga keandalan pasokan listrik selama gelaran MTQ Nasional ke-39. Semoga PDKB dan pemerintah daerah serta seluruh masyarakat dapat terus bersinergi untuk Sumbar yang lebih benderang,’’ sebut Monli.*

Arena MTQ ke-39 tingkat Sumbar di Padang Panjang. (ANTARA/HO-PLN)