Pemko Sawahlunto bantu 293 mahasiswa diterima di PTN/PTS

id Berita sumbar,Berita sawahlunto

Pemko Sawahlunto bantu 293 mahasiswa diterima di PTN/PTS

Wali kota Sawahlunto Deri Asta saat penyerahan bantuan di Sawahlunto (ANTARA/HO-Humas)

Sawahlunto (ANTARA) - Pemko Sawahlunto, Provinsi Sumatera Barat memperlihatkan kepedulian kepada warga setempat dengan memberikan bantuan untuk 293 orang mahasiswa yang diterima diberbagai perguruan tinggi negeri dan swasta senilai total Rp588 juta rupiah.

Wali kota Sawahlunto Deri Asta saat penyerahan bantuan di Sawahlunto, Selasa, menyatakan bantuan yang diberikan menunjukkan komitmen daerah dalam memberikan motivasi kepada para pelajar yang melanjutkan ke bangku perguruan tinggi untuk mewujudkan kompetensi sumber daya manusia melalui peningkatan kualitas pendidikan.

"Ini juga menunaikan janji–janji pada masyarakat saat kampanye dulu dan kita komitmen untuk membantu meringankan beban orang tua dalam membiayai kuliah anak–anaknya. Alhamdulillah, anggaran untuk ini dapat kita tingkatkan dari tahun ke tahun," ujar wali kota.

Dijelaskan Deri pemberian bantuan adalah bentuk pembangunan non fisik yang tidak langsung terlihat nyata hasilnya, namun baru terlihat peningkatan kualitas pendidikan generasi penerus sekian tahun ke depan.

"Meski perlahan, namun perhatian dan dukungan bagi anak-anak Sawahlunto menempuh pendidikan yang lebih tinggi dan lebih baik pasti akan ada manfaatnya serta berbuah yang manis di masa depan," tegasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Sawahlunto Asril melaporkan penghargaan yang diberikan kepada warga setempat yang diterima di PTN dan PTS berakreditasi A dan B itu dibagi ke dalam lima kategori, yakni kategori diterima di PTN dan PTS dengan jenjang pendidikan S1 sebanyak 225 orang serta jenjang pendidikan D3 sebanyak 56 orang.

"Kategori selanjutnya yakni anak Sawahlunto berasal dari keluarga tidak mampu/pra sejahtera yang diterima di PTN dan PTS sebanyak 10 orang. Setelah itu diterima di PTN dan PTS favorit jenjang pendidikan S1 sebanyak satu orang dan D3 sebanyak satu orang," kata Asril.

Untuk besaran jumlah penghargaan, dijelaskan Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Rafki Rusdian, yaitu bagi kategori diterima di PTN dan PTS dengan jenjang pendidikan S1 sebesar Rp2 juta/orang dan D3 sebesar Rp1.500.000/orang.

Data yang disampaikan Dinas Pendidikan Sawahlunto, jumlah anggaran dan mahasiswa yang menerima bantuan dikarenakan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi pada 2021 mengalami peningkatan dari 2020, namun tidak dijelaskan berapa dana APBD yang dialokasikan untuk kebutuhan itu. Untuk 2020, reward yang diberikan diterima oleh sejumlah 231 orang.