Bersama 10 PTS, LLDIKTI-X terimah hibah buku Mochtar Naim dari Amna Foundation

id berita padang,berita sumbar,dikti

Bersama 10 PTS,  LLDIKTI-X terimah hibah buku Mochtar Naim dari Amna Foundation

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herri, MBA (tengah) didampingi oleh Sekretaris Yandri menerima buku karya almarhum Prof Dr Mochtar Naim yang diserahkan langsung oleh putrinya Dr Amalia Naim Indrajaya di Padang, Jumat. (Antarasumbar/Mutiara Ramadhani)

Buku ini sesuai dengan pesan ayah saya yakni untuk menyebar luaskan ilmu pengetahuan,
Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X beserta 10 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menerima hibah buku karya almarhum Prof Dr Mochtar Naim yang diserahkan oleh Amna Foundation di Padang, Jumat.

Ketua Umum Amna Foundation Dr Amelia Naim Indrajaya yang merupakan anak dari almarhum menyampaikan buku tersebut diberikan dalam rangka memenuhi pesan dari ayahnya untuk sedapat mungkin berbagi ilmu pengetahuan supaya bermanfaat bagi orang lain.

"Buku ini sesuai dengan pesan ayah saya yakni untuk menyebar luaskan ilmu pengetahuan, jadi ini ibarat suatu amanah, dan pertama sekali mesti kami bagikan ke Sumbar, sebab buku ini adalah aspirasi dari masyarakat Sumbar," ucapnya.

Buku yang diserahkan merupakan buah pikiran Prof Dr Mochtar Naim selama menjadi wakil rakyat sebagai anggota MPR dan DPD RI utusan dari Sumbar sekaligus sebagai bentuk laporan kerja beliau selama menjadi wakil rakyat.

Buku yang serahkan tersebut secara keseluruhan berjumlah 11 set, dimana satu set buku terdiri dari empat judul. Buku pertama berjudul Suara Wakil Rakyat, dan tiga buku lainnya berjudul Suara Wakil Daerah.

Amelia mengatakan ada sebanyak 80 set buku yang dicetak, dan 11 set buku telah diberikan pada 10 PTS. Sementara sisanya akan ia berikan kepada perguruan tinggi di Sumbar yang belum mendapatkan buku itu.

Ia berencana akan menitipkan buku tersebut pada LLDIKTI Wilayah X supaya bisa dibagikan kepada perguruan tinggi lainnya.

Sementara Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herri, MBA menyampaikan ucapan terimakasih pada putri Almarhum Prof Dr Mochtar Naim yang mau berbagi dan mewujudkan pesan terakhir ayahnya.

"Terimakasih pada Amel yang mau berbagi buah pikiran ayahnya dan saya pikir ini yang sangat relevan yaitu pemimpin yang sederhana, jujur, dan peduli," ucapnya.

Ia berharap buku yang sudah diserahkan tersebut bisa menjadi bacaan bagi anak-anak muda yang nantinya akan menjadi pemimpin di masa yang akan datang.

"Kita tentunya akan berbahagia kalau pemimpin-pemimpin kita itu adalah orang yang sederhana, jujur, dan peduli dengan orang lain," ujar dia.

Almarhum Mochtar Naim adalah antropolog dan sosiolog Indonesia yang dikenal sebagai pakar budaya Minangkabau. Beliau wafat pada 15 Agustus 2021 dalam usia 89 tahun.