Dana hibah KONI dinolkan, warga Kab. Solok kumpulkan uang bagi atlet ke PON, ini terkumpul

id berita kabupaten solok,berita sumbar,nol,pon papua

Dana hibah KONI dinolkan, warga Kab. Solok kumpulkan uang bagi atlet ke PON, ini terkumpul

Penyerahan donasi untuk para atlet asal Kabupaten Solok perwakilan Sumbar yang mengikuti PON XX di Papua. (Antarasumbar/HO-KONI Kabupaten Solok)

Semenjak pergantian kepala daerah dari yang lama ke yang baru, anggaran dana hibah untuk KONI Kabupaten Solok tahun 2021 ini dinolkan,
Arosuka (ANTARA) - Warga Kabupaten Solok, Sumatera Barat berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp18 juta untuk para atlet asal daerah itu yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua pada Oktober 2021.

Sekretaris Umum Komite Olahraga Indonesia (KONI) Kabupaten Solok, Mevrizal di Kotobaru, Rabu, mengatakan jumlah dana yang diterima dari para relawan sebanyak Rp18 juta lebih dan disalurkan secara merata kepada para atlet dan pelatih masing-masing Rp1 juta.

Donasi tersebut dikumpulkan sekitar tiga Minggu lebih oleh para relawan "sejuta koin untuk atlet PON Sumbar asal Kabupaten Solok" sejak akhir Agustus 2021.

Sejumlah relawan mengumpulkan sumbangan di Kompleks Kantor Bupati Solok pada 30 Agustus 2021. Dilanjutkan di depan Kampus UMMY Kotobaru pada 31 Agustus 2021 dan di depan SMAN 1 Gunung Talang pada 1 September 2021.

Selebihnya, sumbangan para donatur diterima melalui transfer rekening dan penerimaan langsung melalui sejumlah relawan di Kabupaten Solok.

Mevrizal mengatakan KONI mengirimkan tiga orang pelatih dan 15 atlet atau 18 orang asal Kabupaten Solok untuk mewakili Sumatera Barat di PON XX Papua.

15 atlet itu, yakni terdiri atas angkat berat dua orang, atletik satu orang, catur satu orang, karate tiga orang, gulat tiga orang, kempo dua orang, taekwondo satu orang, dan cricket dua orang.

Selain itu, Mevrizal mengaku tidak ada dana yang dialokasikan dari Pemerintah Kabupaten Solok untuk keikutsertaan para atlet dan pelatih ke PON XX di Papua. Bahkan ia mengatakan hingga saat ini KONI Kabupaten Solok mengalami kekosongan kas.

“Semenjak pergantian kepala daerah dari yang lama ke yang baru, anggaran dana hibah untuk KONI Kabupaten Solok tahun 2021 ini dinolkan. Mungkin karena visi misi beliau tidak ada di bidang olahraga, dan olahraga dipandang tidak penting, sehingga anggaran dinolkan untuk KONI," ucap dia.

Ia mengatakan pemerintah daerah yang lama sudah menganggarkan dana hibah untuk KONI sebesar Rp6,5 miliar di anggaran pemerintah daerah 2021. Bahkan KONI Kabupaten Solok telah menganggarkan untuk masing-masing atlet yang mengikuti PON XX di Papua Rp10 juta.

"Namun, kenyataannya sampai sekarang dana hibah untuk KONI Kabupaten Solok masih dinolkan," ujar dia.