Bupati Ekap Putra harapkan perusda mampu membantu masyarakat dalam membeli hasil tani

id perusda tua sepakat,bupati tanah datar

Bupati Ekap Putra harapkan perusda mampu membantu masyarakat dalam membeli hasil tani

Bupati Tanah Datar Ekonomi Putra lantik Nusyirwan jadi Dewan Pengawas perusahaan daerah Tuah Sepakat Selasa, (21/9). (Antara/Prokopim Tanah Datar)

​​​​​​​Batusangkar, (ANTARA) - Bupati Tanah Datar, Sumatera Barat Eka Putra mengharapkan Perusahaan Daerah (Perusda) Tuah Sepakat bisa membantu masyarakat di daerah itu terutama dalam membeli hasil pertanian.

"Kita tidak ingin perusahaan daerah ini jalan di tempat banyak program yang bisa dilakukan untuk masyarakat, seperti membeli hasil tani masyarakat seperti gabah, cabai, bawang dan lainnya," kata Bupati Eka Putra usai melantik Dewan Pengawas Perusda Tuah Sepakat periode 2021-2025 di Batusangkar Selasa, (21/9).

Ia mengharapkan perusahaan daerah juga harus mampu meningkatkan komunikasi dan kerjasama dengan perusahaan lainnya di Tanah Datar ataupun di Propinsi terkait apa yang akan dikerjakan.

"Banyak pekerjaan yang dilakukan ke depan, tentunya diharapkan juga berkoordinasi dengan Perusda Provinsi dan lainnya," katanya.

Bupati mengatakan kepada dewan pengawas yang baru dilantik di samping mengawasi jalannya kepengurusan juga harus mampu memberikan pertimbangan dan saran kepada kuasa pemilik modal.

Dewan Pengawas harus memberikan saran dan pertimbangan seperti pengangkatan direksi, program kerja yang diajukan direksi, dan beberapa hal lainnya sampai memeriksa laporan tahunan perusahaan.

Dengan berbagai tugas dan kewenangan yang dimiliki Dewan Pengawas, perusahaan daerah Tuah Sepakat diharapkan bisa lebih baik lagi mengingat pada masa pandemi COVID-19 turut mempengaruhi kemajuan perusahaan.

"Namun inilah tantangan sesungguhnya, di mana diharapkan Dewan Pengawas harus bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki sehingga bisa bangkit lagi," katanya.

Sementara Dewan Pengawas yajg baru dilantik, Nusyirwan mengatakan sesuai harapan bupati ke depannya akan lakukan langkah strategis agar perusahaan daerah Tuah Sepakat bisa semakin baik.

"Kita akan tinjau restrukturisasi perusahaan, pendalaman visi dan misi, sampai potensi kerjasama dan berkolaborasi dengan OPD, BumNag, Koperasi di Tanah Datar dan perusahaan lain yang memungkinkan dengan tujuan perusahaan daerah Tuah Sepakat lebih baik lagi dalam mendukung pembangunan di Tanah Datar," katanya.