Program "Marandang" disosialisaikan Bank Nagari pada pelaku UMKM di Tanah Datar

id berita tanah datar,berita sumbar,bn

Program "Marandang" disosialisaikan Bank Nagari pada pelaku UMKM di Tanah Datar

Kegiatan Sosialisasi Program Marandang Bank Nagari di Kabupaten Tanah Datar dengan peserta dari pelaku UMKM. (Antarasumbar/Humas Bank Nagari)

Kegiatan sosialisasi ini diikuti sekitar 50 pelaku UMKM,
Batusangkar (ANTARA) - Bank Nagari melakukan sosialisasi Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir (KPMR) dalam Program "Marandang" (Melawan Rentenir di Ranah Minang) kepada pelaku UMKM di Kabupaten Tanah Datar, Jumat.

Kepala Bank Nagari Cabang Batusangkar, Fauzan, Jumat, mengatakan sosialisasi tersebut dilaksanakan bersama dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Sumbar dalam bentuk program Bimbingan Teknis Kemasan, Label dan Pemasaran Produk yang diselenggarakan di hotel Emersia Batusangkar.

"Kegiatan sosialisasi ini diikuti sekitar 50 pelaku UMKM, kami ingin mereka tertarik dengan Program Marandang ini karena plafond yang diberikan maksimal Rp10 juta dan bunganya juga sangat rendah," ucapnya.

Ia mengatakan program ini juga sebagai edukasi dan literasi kepada masyarakat bahwa untuk berurusan dengan bank itu sangat mudah dan tidak sesulit seperti yang dibayangkan.

Selain itu, lanjutnya selama masa pandemi COVID-19 ini tentu para pelaku usaha butuh modal untuk bisa kembali bangkit dan meningkatkan penjualannya baik dalam segi kuantitas, kualitas dan sebagainya.

Ia menyampaikan minat masyarakat terhadap program tersebut cukup tinggi, terlihat saat sosialisasi berlangsung banyak peserta yang tertarik dan mengajukan berbagai pertanyaan, serta sudah banyak pula yang menelpon saat acara usai.

Fauzan menyebutkan, pada Program Marandang ini pagu yang disediakan sebesar Rp250 juta dan bisa ditambah lagi apabila mendapat persetujuan dari Bank Nagari pusat.

Lebih lanjut, ia mengemukakan sejauh ini sudah ada 10 debitur yang permohonannya sudah di follow-up dan hingga akhir bulan akan ada penambahan lebih kurang lima debitur lagi.

Sementara jumlah dana yang sudah tersalurkan pada program tersebut di Bank Nagari Cabang Batusangkar tersebut sudah mencapai Rp50 juta dengan jumlah plafond yang diberikan beragam kepada debitur.

Ia berharap dengan adanya program Marandang ini bisa memajukan usaha UMKM, dan mereka bisa mendapatkan pinjaman yang lebih besar lagi melebihi dari jumlah pinjaman pada program Marandang.

Ia menambahkan dalam kegiatan sosialisasi itu juga turut dihadiri oleh Bank Nagari Syariah Batusangkar dan Bank Nagari Lintau.