Tanah Datar raih TPID award kategori kabupaten berprestasi untuk wilayah Sumatera

id tpid award,tanah datar

Tanah Datar raih TPID award kategori kabupaten berprestasi untuk wilayah Sumatera

Bupati Eka Putra (tengah) didampingi Plh Sekda Edi Susanto (kiri) terima penghargaan TPID award untuk wilayah Sumatera di Aula Kantor BI Perwakilan Sumatera Barat di Padang. (Antara/Humas Tanah Datar)

​​​​​​​Batusangkar (ANTARA) - Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat raih Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) award 2020 kategori kabupaten berprestasi terbaik untuk wilayah Sumatera.

Penghargaan itu diumumkan saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Tahun 2021 yang dibuka Presiden Jokowi secara virtual dari Istana Negara Rabu (25/8).

Selepas acara Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy turut menyampaikan ucapan selamat kepada Bupati dan jajaran serta TPID Tanah Datar yang telah mampu menjadi terbaik di wilayah Sumatera.

“Keberhasilan TPID Tanah Datar meraih TPID award ini merupakan pencapaian luar biasa dan menjadi kebanggaan bagi semua, dan diharapkan menjadi penyemangat, motivasi ataupun contoh daerah lain di Sumbar untuk terus menggiatkan pengendalian inflasi di daerahnya masing-masing," katanya.

Ucapan selamat juga disampaikan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumbar Wahyu Purnama A atas prestasi yang telah diraih Pemkab Tanah Datar.

"Alhamdulillah, tahun ini TPID menjadi terbaik kategori kabupaten untuk kawasan Sumatera. Prestasi ini meningkat dari tahun lalu juara 2 dan atas nama BI kami sampaikan selamat,” katanya.

Ia mengatakan keberhasilan ini tentunya tidak terlepas dari kepemimpinan dan dukungan pimpinan daerah serta kerjasama dari tim TPID.

"TPID Tanah Datar memang fokus dalam pengendalian inflasi pada komoditas bawang dan cabai sehingga berhasil raih penghargaan ini, semoga ke depan prestasi ini dapat dipertahankan yang tentunya dengan program inovasi yang lain lagi," katanya.

Sementara Bupati Eka Putra mengatakan ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak dan TPID atas kerjasama dan kerja keras dalam pengendalian inflasi di Tanah Datar.

"Prestasi ini bukan hanya milik pemerintah daerah namun juga masyarakat Tanah Datar, semoga inflasi semakin bisa dikendalikan sehingga ekonomi bisa meningkat dan semakin baik," ujarnya.

Kabag Perekonomian dan SDA Masni Yuletri, mengatakan pengendalian inflasi daerah sangat penting dilakukan untuk menjaga kestabilan harga sehingga perekonomian masyarakat juga semakin baik.

"Kita lakukan program TPID dengan nama Bangcerah yakni singkatan Pengembangan Komoditi Cabai dan Bawang Merah, dimana program ini dalam rangka memenuhi dua komoditi ini untuk tetap tersedia di tengah masyarakat, sehingga inflasi tetap bisa dikendalikan," katanya. (ril)