Tanah Datar upayakan perbaikan pipa Pamsimas di Sungai Tarab yang terputus akibat cuaca ekstrem

id pamsimas,tanah datar,cuaca ekstrem

Tanah Datar upayakan perbaikan pipa Pamsimas di Sungai Tarab yang terputus akibat cuaca ekstrem

Wakil Bupati Tanah Datar Rihci Aprian. (Antara/Humas Tanah Datar)

Batusangkar, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mengupayakan perbaikan pipa Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Jorong Lumbuang Bapereng Kecamatan Sungai Tarab yang terputus akibat cuaca ekstrem.

Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian di Batusangkar Kamis, mengatakan pihaknya akan mencarikan solusi pada setiap permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat termasuk permasalahan di Jorong Bapereng.

"Kita akan cari solusi terbaiknya karena program Pamsimas ini merupakan bagian dari pelayanan pemerintah untuk masyarakat," katanya.

Untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut, pihaknya akan segera melakukan survei ke lokasi sehingga bisa dibuatkan kebutuhan anggarannya.

"Kita akan segera tindaklanjuti dan juga akan usulkan di program keberlanjutan Pamsimas mengingat manfaat yang akan dirasakan masyarakat," katanya.

Hal senada juga dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas PUPR dan Pertanahan Tanah Datar Lovely Harman mengatakan untuk menindaklanjuti permasalahan itu pihaknya akan segera dilakukan survey ke lokasi.

Untuk kebaikan dan perawatannya pihaknya juga usulkan di program keberlanjutan Pamsimas agar tetap dinikmati masyarakat.

Sementara Kepala Jorong Lumbuang Bapereng Syafrizal, mengatakan sejak terputusnya jaringan pipa dari sumber air ke bak penampungan, masyarakat di jorong itu mengeluh karena tidak bisa memanfaatkan air bersih sebagaimana mestinya.

"Sejak pipa air itu rusak masyarakat tidak bisa lagi memanfaatkan progam Pamsimas sampai saat ini, ditambah lagi masyarakat telah membeli meteran," katanya.