Rp125 juta disiapkan LLDIKTI-X untuk bantu kegiatan organisasi mahasiswa

id berita padang,berita sumbar,lldikti

Rp125 juta disiapkan LLDIKTI-X untuk bantu kegiatan organisasi mahasiswa

Gedung LLDIKTI Wilayah X di Padang. (Antarasumbar/Mutiara Ramadhani)

Syaratnya harus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang mengusulkan proposal kegiatan kepada LLDIKTI Wilayah X kemudian akan kami review terlebih dahulu,
Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X menyediakan dana sebesar Rp125 juta untuk membantu kegiatan organisasi mahasiswa (Ormawa) yang berada di bawah naungan lembaga tersebut.

Koordinator Akademik dan Kemahasiswaan LLDIKTI X Ely Susanti, M.M. di Padang, Rabu, mengatakan dana yang disediakan tersebut bisa membantu berbagai kegiatan mahasiswa mulai dari Bimtek, seminar, perlombaan dan sebagainya.

"Syaratnya harus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) yang mengusulkan proposal kegiatan kepada LLDIKTI Wilayah X kemudian akan kami review terlebih dahulu," ucapnya.

Pihaknya merencanakan semua proposal yang diajukan ke LLDIKTI Wilayah X mesti diketahui oleh Forum Komunikasi Bidang Kemahasiswaan (Forkomawa) di wilayah masing-masing terlebih dahulu agar forum itu mengetahui kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa di wilayahnya.

Selain itu, Forkomawa juga bisa ikut mengawasi dana tersebut, serta pihaknya juga bisa ikut meninjau apakah kegiatan itu layak untuk dilanjutkan saat evaluasi tahun depan.

"Andaikan terjadi sesuatu pada pelaksanaan kegiatan mahasiswa itu, Forkomawa juga akan ikut bertanggung jawab karena forum itu ada di 4 provinsi di bawah LLDIKTI Wilayah X yakni Sumbar, Riau, Kepri dan Jambi," ujar dia.

Ely mengatakan setiap kegiatan mahasiswa yang proposalnya berhasil lolos pendanaan akan diberi dana hingga Rp5 juta tergantung jenis kegiatan yang dilaksanakan.

Ia menyampaikan dana yang diberikan tahun ini lebih kecil dibandingkan tahun lalu yakni bisa sampai Rp10 juta. Hal itu disebabkan karena kegiatan mahasiswa saat ini lebih banyak diadakan secara daring sehingga biaya yang dikeluarkan lebih sedikit.

Kemudian pencairan dana akan diberi secara bertahap. Dana awal akan diserahkan sebesar 70 persen, sisanya akan diserahkan setelah kegiatan mahasiswa selesai dan menyerahkan laporan kegiatan pada LLDIKTI Wilayah X.

Hingga saat ini jumlah proposal mahasiswa yang masuk sudah sebanyak 22 proposal. Untuk tahun depan LLDIKTI Wilayah X berencana akan meningkatkan anggaran untuk bantuan Ormawa tersebut hingga Rp500 juta.

"Kepala LLDIKTI meminta agar dana tersebut ditingkatkan jadi Rp500 juta tahun depan, untuk itu kami akan coba lihat dulu anggaran yang ada dan berdiskusi dengan bagian perencanaan," ucapnya.

Ia mengimbau agar mahasiswa bisa mempersiapkan proposal terbaiknya dan mengikuti aturan-aturan sesuai SOP yang dibuat agar bisa mendapatkan bantuan.

"Saya berharap mahasiswa yang ada di 4 provinsi ini lebih proaktif dan kreatif lagi membuat kegiatan sehingga memiliki kompetensi di saat lulus nanti dan anggarannya juga sudah kami sediakan," ucap Ely.

Ia juga mengimbau kepada seluruh Forkomawa yang merupakan perpanjangan tangan dari LLDIKTI Wilayah X untuk bisa menyampaikan informasi mengenai adanya bantuan Ormawa pada Perguruan Tinggi yang ada di wilayahnya masing-masing.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar