Solok Selatan sediakan seragam gratis bagi siswa baru

id Seragam gratis, berita solok selatan, berita sumbar

Solok Selatan sediakan seragam gratis bagi siswa baru

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Solok Selatan Irwandi Osmaidi. (Antara/Erik)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat menyediakan seragam gratis bagi siswa baru tingkat SD dan SMP untuk tahun ajaran baru 2021/2022.

"Minimal kami sediakan seragam rutin dua pasang yaitu putih-merah tingkat SD dan putih-biru untuk SMP serta pramuka," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Solok Selatan Irwandi Osmaidi, di Padang Aro, Sabtu.

Dia menjelaskan, untuk penyediaan seragam lainnya seperti baju olah raga masih melihat ketersediaan anggaran kalau memungkinkan maka akan diberikan.

Untuk pengadaan seragam itu katanya, sekarang masih dalam proses tender dan ditargetkan sudah selesai sebelum tahun ajaran baru.

Guna pengadaan baju seragam ini katanya, Bupati menginginkan pembuatannya dilakukan di Solok Selatan sehingga Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga berkembang.

"Kalau pembuatan seragam dilakukan di daerah maka UMKM diberdayakan dan ekonomi Solok Selatan menggeliat," ujarnya.

Pemerintah Daerah berharap seluruh UMKM yang bergerak di bidang menjahit mendapat manfaat dari pengadaan seragam ini.

Penyediaan seragam gratis ini mulai di luncurkan oleh Pemkab Solok Selatan tahun ini untuk meringankan biaya bagi orang tua siswa.

Dia menegaskan, tidak ada pungutan lain saat masuk sekolah kecuali ada kesepakatan dengan wali murid seperti pembelian baju yang belum disediakan pemerintah daerah.

"Ada seragam yang tidak diberikan sekolah maka dengan kesepakatan wali murid dan sekolah boleh memungut biaya pembeliannya," katanya.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar