Pramuka akan lahirkan generasi berkarakter seperti ini

id berita pariaman,berita sumbar,pramuka

Pramuka akan lahirkan generasi berkarakter seperti ini

Kakwarcab 16 Pramuka Kota Pariaman, Sumbar terpilih Hendri (kanan) menerima mandat dari Sekretaris Kwarcab 16 Kota Pariaman Riky Falantino (kiri) pada Rapim dan Muscablub Kwarcab 16 Kota Pariaman, di Pariaman, Selasa. (Antarasumbar/HO-Kominfo Pariaman.)

Ketika pandemi COVID-19 Pramuka Pariaman ikut serta menanganinya salah satunya dengan pembagian masker,
Pariaman (ANTARA) - Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) 16 Pramuka Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) terpilih Hendri mengatakan Pramuka dapat melahirkan generasi muda yang berwatak dan berkarakter serta integrasi dan moralitas berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.

"Gerakan Pramuka merupakan mitra atau perpanjangan tangan pemerintah yang berperan untuk membangun dan membina watak dan karakter generasi muda," kata Hendri saat sambutan pada Musyawarah Cabang Luar Biasa Kwarcab 16 Kota Pariaman di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan di Pramuka generasi muda diikutsertakan dalam kegiatan-kegiatan yang membangun karakter mulai dari gotong royong, peduli sesama, aktif dalam kebencanaan bahkan membantu penanganan pandemi COVID-19, cinta terhadap lingkungan, dan ikut mengembangkan kepariwisataan di Pariaman.

Ia menyampaikan kegiatan-kegiatan tersebut sudah termasuk ke dalam Pancasila yang merupakan ideologi negara sehingga diharapkan terpatri di dalam generasi muda di daerah itu.

"Ketika pandemi COVID-19 Pramuka Pariaman ikut serta menanganinya salah satunya dengan pembagian masker," katanya.

Ia mengatakan selama pandemi COVID-19 Pramuka Pariaman memang meniadakan kegiatan perkemahan namun direncanakan pada 10 sampai 14 Agustus 2021 pihaknya akan melaksanakan Jambore Wisata Serumpun yang pesertanya Indonesia, Malaysia dan Brunei yang lokasi pelaksanaan di Pariaman.

Pada kegiatan tersebut terjadi pengenalan budaya dan kesenian serta memperkenalkan wisata di Pariaman. Selain itu peserta dapat mengikuti sejumlah kegiatan mulai dari membajak sawah, mencari belut, melepas penyu, menyelam, menanam terumbu karang.

"Kegiatannya menerapkan protokol kesehatan, cek cepat COVID-19, mengurangi jumlah peserta dalam satu tenda dari delapan menjadi lima orang," ujarnya.

Jika kegiatan itu tidak dapat dilaksanakan karena terhalang pandemi COVID-19 atau regulasi maka akan diganti dengan Jambore Wisata Serumpun Melayu yang pesertanya dari Sumbar, Riau, dan Kepulauan Riau.

Hendri merupakan Kakwarcab Pramuka 16 Pariaman yang baru periode 2021-2024 hasil Musyawarah Cabang Luar Biasa menggantikan Wali Kota Pariaman, Genius Umar Kakwarcab periode 2014-2019 dan 2019-2024 yang memundurkan diri dan sekarang menjadi Ketua Majelis Pembimbing Cabang.

Genius Umar mengatakan ada sejumlah program yang sedang berjalan di Pramuka Pariaman salah satunya adalah pembangunan area perkemahan yang berlokasi di Pantai Kata Kota Pariaman.

"Pesan saya kepada pengurus baru untuk tetap melanjutkan program ini dan selalu meninjau fasilitas yang masih kurang agar bisa dilengkapi sehingga aktivitas Pramuka di Kota Pariaman akan berjalan dan semakin aktif," tambahnya.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar