Senilai Rp7,10 triliun uang baru disiapkan BI Sumbar untuk masyarakat sambut lebaran

id berita padang,berita sumbar,BI

Senilai Rp7,10 triliun uang baru disiapkan BI Sumbar untuk masyarakat sambut lebaran

​​​​​​​Kepala BI perwakilan Sumbar, Wahyu Purnama. (Antarasumbar/Ikhwan Wahyudi)

Saat ini untuk uang pecahan besar telah disiapkan sebesar Rp6,5 triliun dan uang pecahan kecil Rp600 miliar,
Padang (ANTARA) - Bank Indonesia perwakilan Sumatera Barat (BI Sumbar) menyiapkan uang kartal senilai Rp7,10 triliun menyambut Ramadhan dan Idul Fitri 2021 dalam rangka memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat.

"Untuk penukaran dapat dilakukan di 152 jaringan kantor bank umum dan 50 bank perkreditan rakyat yang ada di Sumbar," kata Kepala BI perwakilan Sumbar, Wahyu Purnama di Padang, Jumat.

Menurutnya saat ini untuk uang pecahan besar telah disiapkan sebesar Rp6,5 triliun dan uang pecahan kecil Rp600 miliar.

Ia menyampaikan pada 2020 realisasi outflow atau jumlah uang yang dikeluarkan BI Sumbar mencapai Rp2,47 triliun dan pada 2021 diperkirakan sebesar Rp3,74 triliun.

Pada sisi lain ia menyampaikan untuk percepatan dan perluasan penukaran uang peringatan kemerdekaan RI Rp75 ribu, masyarakat dapat melakukan penukaran dengan membawa KTP maksimal 100 lembar tiap hari dan dapat digunakan berulang di hari berikutnya.

"Penukaran juga dapat dilakukan di bank umum terdekat", kata dia.

Ia memaparkan uang peringatan kemerdekaan RI Rp75 ribu dapat digunakan untuk berbelanja memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kemudian dapat juga digunakan sebagai tunjangan hari raya saat Lebaran.

"Lalu mahar pernikahan selagi tidak merusak fisik uang, media memperkenalkan budaya dan disimpan sebagai koleksi," kata dia.

Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 Tahun RI secara resmi dikeluarkan dan diedarkan sebagai alat pembayaran yang sah atau legal sejak 17 Agustus 2020.

BI mencetak uang khusus itu sebanyak 75 juta lembar yang sudah dilengkapi unsur pengamanan berteknologi terbaru dan bahan kertas lebih tahan lama sehingga lebih mudah dikenali keasliannya, dan sulit dipalsukan.

Sebelumnya pada Ramadhan 2020 BI Sumbar tidak melayani penukaran uang secara langsung untuk kebutuhan Lebaran dan menyarankan masyarakat yang membutuhkan uang pecahan kecil menukarnya di bank terdekat mencegah penularan COVID-19.

Menurut Wahyu pihaknya tetap menyediakan kebutuhan uang pecahan kecil namun hanya melalui perbankan.