Baznas Padang sediakan sembako untuk fakir yang rajin ibadah ke masjid

id baznas padang,sembako ramadhan

Baznas Padang sediakan sembako untuk fakir yang rajin ibadah ke masjid

Kantor Baznas Padang. (ANTARA/Mutiara Ramadhani)

Padang (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang, Sumatera Barat, akan memberi bantuan sembako kepada fakir miskin yang rajin beribadah ke masjid dan musala.

Kepala Pelaksana Baznas Padang Sintaro Abe melalui Humas Syahrul di Padang, Rabu mengatakan pihaknya sudah menyurati semua masjid dan musala di Padang untuk mendata warganya yang berhak menerima sembako tersebut.

"Kami inginnya yang diusulkan itu adalah fakir miskin yang rajin beribadah di masjid dan musala makanya kami minta rekomendasinya dari musala dan masjid," katanya.

Ia mengatakan ada sekitar 1.400 masjid dan musala di Padang yang bisa memberikan rekomendasi nama-nama penerima tersebut dan nantinya akan diserahkan oleh pengurus ke Baznas Padang.

Lebih lanjut, ia mengatakan setiap pengurus masjid berhak mengusulkan maksimal 12 orang warganya yang berada disekitar lingkungan masjid.

"Sedangkan setiap musala di Padang, pengurus bisa mengirimkan maksimal delapan orang fakir miskin yang rajin ke musala," kata dia.

Selain sembako untuk fakir miskin, pada Ramadhan 1442 Hijriah ini Baznas juga melaksanakan program santunan untuk anak yatim di Padang.

Ia menargetkan 1000 anak yatim yang fakir dan miskin yang akan menerima bantuan tersebut.

"Santunan anak yatim ini berupa uang tunai, tahun lalu kami berikan santunan sebesar Rp 500ribu dan kemungkinan tahun ini jumlahnya juga sama," sebutnya.

Untuk proses pendataannya juga dilakukan oleh masjid dan musala yang wilayahnya terdapat anak yatim yang fakir dan miskin.

Ia berharap melalui dua program itu, perekonomian warga yang tidak mampu mulai membaik, dan ia juga berharap donatur bisa bertambah sehingga penerima bantuan juga bertambah.

"Selama empat tahun berturut-turut, donatur pada program santunan anak yatim ini adalah pihak kampus UPI, untuk tahun ini kami sedang menjajaki kembali dengan mereka," ucapnya.