Pemkab Tanah Datar mulai vaksinasi COVID-19 untuk warga lanjut usia

id berita tanah datar,berita sumbar,lansia

Pemkab Tanah Datar mulai vaksinasi COVID-19 untuk warga lanjut usia

Siri (70) seorang warga lanjut usia di Nagari Barulak, Kabupaten Tanah Datar. (Antarasumbar/Etri Saputra)

Lansia sangat beresiko tertular COVID-19 karena faktor umur dan penyakit bawaan,
Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat mulai melakukan vaksinisi bagi warga lanjut usia (lansia) di daerah itu guna meningkatkan imunitas tubuh serta memutus penyebaran COVID-19.

Juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Tanah Datar, Roza Mardiah di Batusangkar, Rabu, mengatakan kepada warga lanjut usia diharapkan untuk segera mendatangi puskesmas terdekat untuk divaksin.

"Lansia sangat beresiko tertular COVID-19 karena faktor umur dan penyakit bawaan, diharapkan dengan divaksin minimal sudah ada kekebalan tubuh yang terbentuk," katanya.

Ia mengatakan untuk jumlah vaksin khusus untuk warga lanjut usia pihaknya telah menerima sebanyak 350 vial vaksin untuk dua tahap pelaksanaan vaksinasi.

Pemberian vaksin tersebut sudah mulai dilakukan termasuk untuk warga lanjut usia yang akan menunaikan ibadah haji sesuai edaran dari Kementerian Kesehatan.

"Kita akan sasar 3.500 warga lanjut usia untuk vaksin, dengan kondisi saat ini sekitar 1.164 orang sudah divaksin termasuk warga yang akan menunaikan ibadah haji," katanya.

Ia berharap kepada para camat dan wali nagari di daerah itu untuk mengajak dan memberikan motivasi kepada warga lanjut usia agar bersedia untuk divaksin.

Karena menurutnya semakin cepat pemberian vaksinasi dilakukan semakin cepat pula kekebalan tubuh terbentuk dan semakin cepat pula Tanah Datar terbebas dari COVID-19.

"Prioritas tahap kedua selain petugas pelayanan publik juga untuk warga lanjut usia, dengan vaksin yang tersedia kita berharap 100 persen lansia di Tanah Datar bisa divaksin," katanya.