Wawako Solok pimpin apel gabungan Satpol PP, Damkar, Satpam dan Linmas

id berita solok,berita sumbar,wawako

Wawako Solok pimpin apel gabungan Satpol PP, Damkar, Satpam dan Linmas

Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra. (Antarasumbar/HO-Prokomp Kota Solok)

Peran penting Satpol PP, pemadam kebakaran, satpam dan linmas tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya,
Solok (ANTARA) - Wakil Wali Kota (Wawako) Solok, Ramadhani Kirana Putra memimpin apel gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemadam Kebakaran (Damkar), Satuan Pengamanan (Satpam) dan Perlindungan Masyarakat (Linmas) se-Kota Solok.

"Satpol PP, pemadam kebakaran, Satpam dan Linmas bukan hanya penjaga kota yang bertindak pasif, tetapi lebih dari itu, berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan, dan memberikan perlindungan masyarakat, dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat," kata Ramadhani di Solok, Rabu.

Ramadhani mengatakan Satpol PP, pemadam kebakaran, satpam dan linmas dalam melaksanakan tugasnya harus berlaku profesional, menjunjung tinggi ideologi pancasila dan mendahulukan kepentingan bersama dari pada kepentingan pribadi.

"Peran penting Satpol PP, pemadam kebakaran, satpam dan linmas tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya," ujar dia.

Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk untuk menegakkan Perda dan Perkada, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman, serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat. Tugas pemadam kebakaran adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan dan penanganan kebakaran.

Satuan Pengamanan (Satpam) atau security guards memiliki tugas pokok menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan tempat kerjanya yang meliputi aspek pengamanan fisik, personel, informasi dan pengamanan teknis lainnya dan Satuan Perlindungan Masyarakat secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana dan ikut memelihara ketentraman ketertiban masyarakat.

Sebuah kota atau wilayah memiliki indikator yang bagus jika tidak ada pencurian, kekerasan dan kenyamanan. Kedepan, peran keamanan dan ketertiban umum tidak boleh diremehkan. Happiness menjadi tujuan kita. Kedepan kesejahtera, bukan menjadi ukuran utama atau masalah utama, namun ukuran utamanya adalah ketentraman dan kebahagiaan.

"Pemerintah Daerah Kota Solok berkomitmen untuk meningkatkan profesionalitas kerja Satpol PP, pemadam kebakaran, satpam dan linmas agar lebih humanis, edukatif, tegas dan berwibawa. Hal tersebut tentu saja bertujuan untuk menjaga Kota Solok tetap aman dan terkendali," ucapnya.

Beberapa waktu yang lalu, seharusnya kita semua merayakan Ulang Tahun Satpol PP, Damkar dan Linmas. Namun, hal tersebut tidak bisa kita laksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya karena kondisi kita saat ini masih dalam masa pandemi COVID-19.

"Untuk itu kami ucapkan Selamat Ulang Tahun yang ke 102 untuk Satuan Pemadam Kebakaran, ulang tahun yang ke 71 untuk Satuan Polisi Pamong Praja, ulang tahun ke 59 untuk Satuan Perlindungan Masyarakat dan ulang tahun yang ke 40 untuk Satuan Pengamanan. Momentum ini kita jadikan cambuk untuk bergerak lebih baik lagi. Masih banyak PR yang harus kita tuntaskan bersama," katanya.

Selain itu, Kami juga minta peran besar rekan-rekan untuk kembali terus mengingatkan masyarakat kita yang saat ini menurun tingkat kepeduliannya dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Mari bersama kita kembali kawal penerapan Perda Provinsi Sumatera Barat Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru. Apalagi sampai saat ini grafik kasus positif di Kota Solok belum menunjukkan penurunan yang signifikan," sebutnya.

Ia berharap seluruh anggota Satpol PP Damkar, Satpam dan Linmas untuk terus meningkatkan profesionalisme dan semangat pengabdiannya sehingga mampu menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dan benar serta memiliki ketahanan di masa pandemi COVID-19 ini, sehingga dengan demikian mampu berkontribusi positif untuk mewujudkan Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah yang aman dan tentram.