Harga bawang merah tingkat petani di sentra produksi Alahan Panjang Rp20.000 per kilogram

id Berita Solok, berita Sumbar, harga bawang

Harga bawang merah tingkat petani di sentra produksi Alahan Panjang Rp20.000 per kilogram

Harga bawang merah tingkat petani di sentra produksi Alahan Panjang Rp20.000 per kilogram (Antara/Laila Syafarud)

Arosuka (ANTARA) - Harga bawang merah tingkat petani di sentra produksi Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Sumatera Barat Rp20 ribu per kilogram.

Salah seorang tauke bawang merah Irma (38) di Alahan Panjang, Minggu mengatakan harga bawang merah ukuran super jumbo tersebut masih stabil, yakni Rp20 ribu per kilogram.

"Harganya masih stabil, tetapi saat ini untuk penjualannya tidak lancar karena petani bawang merah di Kabupaten Brebes banyak juga yang lagi panen," kata dia.

Irma mengatakan bawang merah yang sudah dibeli dari para petani di sentra produksi Alahan Panjang itu, kemudian akan dijual lagi ke Medan, Sumatera Utara.

Selain itu, ia menyebutkan harga bawang peking mengalami kenaikan menjadi Rp16 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp14 ribu per kilogram.

Kenaikan harga bawang peking tersebut karena ketersediaannya yang terbatas, sementara jumlah permintaan terus meningkat.

Di samping itu, salah seorang petani di Alahan Panjang Mardi (50) menyebut harga sejumlah hasil pertanian lainnya berupa cabai merah naik menjadi Rp47 ribu dari sebelumnya Rp40 ribu per kilogram.

"Salain itu, harga bawang prei juga naik menjadi Rp4 ribu dari biasanya hanya Rp2.500 per kilogramnya. Kemudian harga kubis naik menjadi Rp4.000 dari sebelumnya Rp3.000 per kilogram" ujar dia.

Ia bersyukur harga kubis sudah mulai naik dari beberapa waktu lalu sempat anjlok, yakni hanya Rp500 per kilogramnya akibat pandemi COVID-19.

"Kemudian harga kentang masih stabil Rp8.500 per kilogram dan harga tomat Rp3.000 per kilogramnya," ucap dia. ***1***