Pemkot Solok terima bantuan dari Pemkot Padang untuk korban banjir

id berita solok,berita sumbar,banjir

Pemkot Solok terima bantuan dari Pemkot Padang untuk korban banjir

Pemkot Padang serahkan bantuan untuk korban banjir di Solok. (antarasumbar/HO)

Alhamdulillah korban jiwa akibat banjir itu tidak ada,
Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat menerima bantuan dari pemerintah Kota Padang untuk warga yang terdampak banjir di kota itu.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Pemkot Solok, Jefrizal di Solok, Kamis, berterima kasih atas kepedulian pemerintah Kota Padang terhadap korban banjir di daerah itu.

Sekaligus dalam kesempatan itu, Jefrizal manyampaikan laporan singkat terkait kondisi bencana banjir yang terjadi beberapa waktu lalu.

Ia menyebutkan berdasarkan data yang berhasil dirangkum oleh BPBD Kota Solok, dari 13 kelurahan yang ada, banjir terparah terjadi di empat kelurahan, yaitu tiga Kelurahan di wilayah Kecamatan Lubuk Sikarah di antaranya Kelurahan Kampai Tabu Karambia (KTK), IX Korong, dan Sinapa Piliang.

"Sedangkan satu Kelurahan lagi di Wilayah Kecamatan Tanjung Harapan, yakni Kelurahan Koto Panjang," ucap dia.

Selain itu, Jefrizal mengatakan ketinggian air saat banjir mencapai sekitar 2 meter dengan total jiwa yang terdampak sebanyak 8.045 jiwa atau 1.730 kepala keluarga (KK).

"Alhamdulillah korban jiwa akibat banjir itu tidak ada, namun ribuan warga dievakuasi ke kantor Wali Kota Solok dan kantor-kantor kelurahan. Selain BPBD, proses evakuasi juga dibantu oleh anggota TNI, Polri dan masyarakat sekitar," kata dia.

Di samping itu, Wali Kota Padang, Mahyeldi didampingi Kepala Dinas Sosial Kota Padang, Afriadi mengatakan bantuan yang diserahkan ke Pemkot Solok sebagai bentuk solidaritas kepada seluruh korban banjir di daerah itu.

Mahyeldi selaku kepala daerah Kota Padang turut berduka atas musibah banjir yang menimpa sebahagian besar wilayah Kota Solok dan berharap tidak ada banjir susulan.

"Kehadiran kami sebagai bentuk turut merasakan duka yang dialami masyarakat Solok terutama yang terdampak banjir," ujar dia.

Ia berharap bantuan yang dibawa oleh rombongan dari Kota Padang dapat membantu warga Kota Solok yang sedang membutuhkan. Sedikit banyaknya bantuan tersebut diharapkan dapat mengurangi beban yang dirasakan oleh masyarakat Kota Solok.

Pemkot Padang menyerahkan bantuan kepada Pemkot Solok berupa 500 kilogram beras, 20 dus mie instan, empat dus sarden, 30 papan telur, 30 kilogram cabai giling, 30 kilogram bawang merah, 20 kilogram ikan asin, serta tiga dus minyak goreng.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar