Selain Istano Basa Pagaruyung, objek wisata ini juga jadi tujuan utama wisatawan ke Tanah Datar

id berita tanah datar,berita sumbar,wisata

Selain Istano Basa Pagaruyung, objek wisata ini juga jadi tujuan utama wisatawan ke Tanah Datar

Objek wisata Puncak Aua Sarumpun. (antarasumbar/Humas Tanah Datar)

Sementara untuk kunjungan terbanyak yang paling diminati wisatawan ke Tanah Datar tetap Istano Basa Pagaruyung mencapai 11.003 kunjungan,
Batusangkar (ANTARA) - Selain Istano Basa Pagaruyung, objek wisata Aua Sarumpun menjadi salah satu tujuan utama wisatawan berkunjung ke Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dalam rangka menghabiskan libur panjang natal dan pergantian tahun baru.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Tanah Datar, Abdul Hakim di Batusangkar, Senin, mengatakan dalam kurun waktu tiga hari belakangan terdapat 2.752 kunjungan ke lokasi tersebut.

Berdasarkan laporan dari pengelola objek wisata terdapat sebanyak 732 kunjungan pada 24 Desember, 870 kunjungan pada 25 Desember, dan 1.150 kunjungan pada 26 Desember 2020.

"Sementara untuk kunjungan terbanyak yang paling diminati wisatawan ke Tanah Datar tetap Istano Basa Pagaruyung mencapai 11.003 kunjungan," katanya.

Ia memprediksi jumlah wisatawan untuk berkunjung ke Tanah Datar akan terus berdatangan hingga akhir libur nasional berakhir.

Ia mengimbau setiap wisatawan yang datang ke Tanah Datar agar tetap memperhatikan protokol kesehatan guna memutus penyebaran COVID-19 sesuai perda Nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dan Perbup nomor 48 tahun 2020.

"Semua wisatawan yang datang ke sini tetap patuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan," tambahnya.

Sementara Kabid Pariwisata Tanah Datar, Efrison mengatakan dari beberapa destinasi wisata di daerah itu selama tiga hari terakhir terjadi peningkatan kunjungan.

Destinasi wisata tersebut seperti Istano Basa Pagaruyung, Tanjung Mutiara, Panorama Tabek Patah, Puncak Aua Sarumpun dan Puncak Pato.

"Berdasarkan catatan dari laporan pengelola masing masing destinsi wisata, jumlah kunjungan wisatawan kurun waktu tiga hari itu tercatat sebanyak 18.869 wisatawan," katanya.