Tiga siswa SMPN 1 Payakumbuh masuk 30 besar GSI tingkat nasional

id berita payakumbuh,berita sumbar,sepak bola

Tiga siswa SMPN 1 Payakumbuh masuk 30 besar GSI tingkat nasional

Empat orang siswa SMP Negeri 1 Payakumbuh yang lolos mengikuti pemusatan latihan berfoto bersama Indra Sjafri. (antarasumbar/HO)

Alhamdulillah di tingkat nasional terpilih 3 orang siswa kita masuk ke seleksi 30 besar mereka mendapatkan kesempatan emas dengan diseleksi langsung oleh Indra Syafri,
Payakumbuh (ANTARA) - Tiga orang siswa asal SMPN 1 Payakumbuh, Sumatera Barat masuk 30 besar seleksi Gala Siswa Indonesia (GSI) Tingkat Nasional 2020 yang merupakan hasil dari pemusatan latihan pada 14 November 2020 di Bandung.

Kepala SMPN 1 Payakumbuh, Defi Marlitra di Payakumbuh, Senin, mengatakan, tiga siswanya yang lolos tersebut adalah Putra Arrafi siswa kelas IX dengan posisi bek, Gala Pagamo siswa kelas VIII dengan posisi gelandang dan Caisar Dzaki Putra Adwinaris siswa kelas IX dengan posisi Kiper.

"Alhamdulillah di tingkat nasional terpilih 3 orang siswa kita masuk ke seleksi 30 besar mereka mendapatkan kesempatan emas dengan diseleksi langsung oleh Indra Syafri," kata dia.

Ia mengatakan prestasi ini tak lepas dari dukungan setiap pihak yang bekerja keras membimbing anak dan menyampaikan ucapan terimakasih pada tim pelatih, terutama manajer SMPN 1 Payakumbuh.

"Awalnya ada 5 orang siswa SMPN 1 Payakumbuh ikut seleksi GSI di tingkat provinsi, lalu lulus 4 orang siswa dari 5 siswa yang mewakili Sumbar," ujarnya.

Informasi yang didapatkannya, Putra Arrafi juga terpilih menjadi pemain belakang terbaik dari seluruh peserta GSI. Siswa yang lolos akan mendapatkan kesempatan studi banding dan belajar ke Italia.

Ia mengatakan bentuk dukungan yang diberikan pihak sekolah kepada siswa yang mengharumkan nama sekolah itu dengan diberikan uang saku jelang ke Jakarta, administrasi yang diuruskan sekolah, sampai keberangkatan siswa ke Jakarta diuruskan oleh sekolah ke dinas pendidikan.

"Karena pandemi, guru pembimbing tidak dapat mendampingi siswa ke Jakarta, hanya pelatihnya saja yang mendampingi anak di Jakarta," katanya.

Ia juga berharap agar prestasi yang ditorehkan oleh siswanya kali ini dapat menjadi motivasi oleh siswa lainnya, sehingga ke depannya makin banyak siswa dari sekolahnya bahkan Kota Payakumbuh yang berprestasi tingkat nasional.

GSI adalah program kolaborasi antara Kemendikbud dan PSSI. Nama siswa yang lolos juga akan menjadi bank data untuk seleksi Timnas U-16.

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar