Ruang rawat inap Puskesmas Tanjung Makmur kembali dibuka

id berita pesisir selatan,berita sumbar,covid

Ruang rawat inap Puskesmas Tanjung Makmur kembali dibuka

Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pesisir Selatan, Rinaldi . (antarasumbar/Didi Someldi Putra)

Dengan keluarnya hasil tes usap maka kondisi tenaga kesehatan di Puskesmas Tanjung Makmur terpantau secara keseluruhan, dan tentu saja mereka yang dalam keadaaan sehat yang melayani pasien sehingga pelayanan kembali dibuka,
Painan (ANTARA) - Pelayanan ruang rawat inap di Puskesmas Tanjung Makmur, Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat kembali dibuka setelah sebelumnya ditutup karena adanya tenaga kesehatan di sana yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Sesuai rencana besok Selasa (1/12) ruang rawat inap Puskesmas Tanjung Makmur kembali dibuka, setelah sebelumnya ditutup sejak Kamis (26/11)," kata Juru Bicara Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pesisir Selatan, Rinaldi di Painan, Senin.

Pelayanan ruang rawat inap kembali dibuka karena hasil uji sampel tes usap milik petugas kesehatan yang kontak dengan pasien positif COVID-19 dikeluarkan hari ini oleh petugas Laboratorium Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

"Dengan keluarnya hasil tes usap maka kondisi tenaga kesehatan di Puskesmas Tanjung Makmur terpantau secara keseluruhan, dan tentu saja mereka yang dalam keadaaan sehat yang melayani pasien sehingga pelayanan kembali dibuka," ungkapnya.

Kendati pelayanan di ruang rawat inap Puskesmas Tanjung Makmur sempat ditutup, namun pelayanan lain seperti IGD, poli umum dan lainnya tetap dibuka seperti biasa.

"Pelayanan tetap dibuka namun dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, dan bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan rawat inap maka disarankan ke puskesmas terdekat," sebutnya.

Sebelumnya pada April 2020 dua pasar dan satu Puskesmas di Kecamatan Koto XI Tarusan juga ditutup, penyebabnya sama yakni paparan COVID-19.

Khusus Puskesmas ditutup lebih awal yakni pada Kamis (16/4) dan pasar ditutup dua hari setelah atau tepatnya tanggal Sabtu (18/4).

Tak tanggung-tanggung waktu itu seluruh tenaga kesehatan, dokter serta pegawai Puskesmas Koto XI Tarusan diisolasi di tempat yang disediakan.

Sama seperti di Puskesmas Tanjung Makmur masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan disarankan datang ke Puskemas terdekat dan setelah semuanya terkendali baik puskesmas maupun pasar kembali dibuka hingga saat ini.