Pemkab Padang Pariaman selesaikan Oprit Jembatan Lubuak Landua

id berita padang pariaman,berita sumbar,jembatan

Pemkab Padang Pariaman selesaikan Oprit Jembatan Lubuak Landua

Jembatan Lubuak Landua yang sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda empat dan lainnya. (antarasumbar/Istimewa)

Oprit Jembatan itu mengalami kerusakan berat sekitar dua bulan yang lalu,
Parit Malintang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Pariaman telah menyelesaikan pembangunan jembatan Lubuak Landu, Nagari Tandikek Selatan, Kecamatan Patamuan yang sebelumnya mengalami kerusakan akibat bencana alam.

"Oprit Jembatan itu mengalami kerusakan berat sekitar dua bulan yang lalu," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Padang Pariaman, Deni Irwan di Parit Malintang, Rabu.

Hal itu disampaikan Deni saat kunjungan meninjau jembatan yang telah selesai infrastruktur dan telah bisa digunakan kembali.

Menurutnya, setelah adanya surat tanggap darurat bencana oleh Bupati Padang Pariaman, kemudian Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang segera melakukan identifikasi kerusakan dan melakukan perencanaan untuk dilaksanakan penanganan atau renovasi jembatan.

"Pekerjaan ini merupakan penanganan keadaan darurat bencana alam dan dilaksanakan melalui Belanja Tidak Terduga (BTT) 2020 APBD Kabupaten Padang Pariaman," ujarnya didampingi Kabid Bina Marga setempat Fauzil Irawadi.

Menurut Fauzil penanganan yang dilakukan yaitu rehabilitasi Oprit jembatan dan penanganan preventif jembatan dengan menggunakan pasangan batu bronjong serta normalisasi sungai.

"Jembatan Lubuak Landua sudah dapat digunakan kembali oleh masyarakat dan sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda empat," ujarnya.

Penanganan jembatan ini sangat berdampak baik bagi sektor ekonomi, sosial, budaya, pariwisata dan lainnya.