Bawaslu Pariaman gandeng PWI dan Diskominfo optimalkan pengawasan kampanye di internet

id bawaslu pariaman, pilkada

Bawaslu Pariaman gandeng PWI dan Diskominfo optimalkan pengawasan kampanye di internet

Ketua Bawaslu Kota Pariaman, Sumbar Riswan meneken nota kesepakatan antara Bawaslu Pariaman dengan PWI dan Diskominfo setempat di Pariaman, Sabtu. (Antara/Aadiat M S)

Pariaman (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat guna mengoptimalkan penyebarluasan informasi Pilkada dan pengawasan kampanye di media sosial dan internet.

"Saat ini kita dihadapkan pada pandemi COVID-19 sehingga kami memiliki keterbatasan dalam hal pengawasan," kata Ketua Bawaslu Kota Pariaman Riswan usai penandatanganan kesepakatan antara Bawaslu Pariaman dengan PWI dan Diskominfo Kota Pariaman di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan salah satu langkah yang ditempuh yaitu dengan mengajak media massa dan organisasi PWI untuk pengawasan serta pihak itu dan Diskominfo dapat memberikan informasi terkait Pilkada.

Menurutnya penyebaran informasi tersebut diperlukan sebagai langkah untuk mengatasi pihak-pihak yang menyebarkan hoaks di media sosial.

"Indeks kerawanan itu juga berasal media sosial, untuk mencari tahu kebenaran di media sosial tersebut maka media (wartawan) dapat melakukan penelusuran," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya pihaknya mendorong media massa untuk melakukan penelusuran informasi terkait Pilkada yang beredar guna memberikan pencerahan kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua PWI Pariaman Ahmad Damanhuri mengapresiasi Bawaslu yang menginisiasi kerjasama untuk meningkatkan pengawasan Pilkada Sumbar agar pesta demokrasi tersebut berjalan sukses.

"Media massa berupa pengawasan partisipatif," kata dia.

Ia pun mengajak wartawan di daerah itu untuk memberikan informasi yang mencerdaskan serta tidak memberitakan yang bersifat adu domba.

Sejalan dengan itu, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Diskominfo Kota Pariaman Eka Putra Pernanda mengatakan pihaknya juga siap membantu menyebarkan informasi terkait dengan pelaksanaan Pilkada Sumbar.

"Kami bekerjasama dengan banyak media guna penyebarluasan informasi di Pariaman," tambahnya.

Menurutnya hal tersebut dapat membantu Bawaslu Pariaman dalam hal penyebarluasan informasi terkait Pilkada Sumbar di tingkat kota itu.