Pemkot Pariaman anggarkan Rp19,4 miliar untuk Pilkada 2024

id Pemkot Pariaman,berita pariaman,berita sumbar,Bawaslu Pariaman,Pilkada 2024

Pemkot Pariaman anggarkan Rp19,4 miliar untuk Pilkada 2024

Penjabat Wako Pariaman, Sumbar Roberia (tengah) foto bersama usai penandatanganan NPDH di Pariaman. Antara/HO-Diskominfo Pariaman

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat menganggarkan sekitar Rp19,4 miliar untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) setempat guna menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

"Saya berharap dengan dana hibah ini seluruh tugas Bawaslu dan KPU Pariaman dalam penyelenggaraan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pariaman 2024 mendatang dapat terlaksana dengan lancar tanpa adanya hambatan yang berarti," kata Penjabat Wali Kota Pariaman Roberia di Pariaman, Jumat.

Ia merincikan Rp19,4 miliar tersebut terdiri dari Rp14 miliar untuk KPU Pariaman dan Rp5,4 miliar untuk Bawaslu Pariaman yang penyalurannya dilakukan dua tahap yaitu 40 persen dan 60 persen.

Ia menyampaikan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bantuan keuangan untuk penyelenggaraan Pilkada 2024 tersebut telah dilakukan Kamis (9/11).

Penandatanganan NPDH yang dilaksanakan di Ruang Rapat Wali Kota tersebut disaksikan oleh Kapolres Pariaman, Dandim 0308 Pariaman, dan Kajari Pariaman.

Roberia mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah itu untuk menyukseskan Pilkada 2024 agar pelaksanaan pesta demokrasi tersebut dapat berjalan sukses, lancar, dan aman.

"Kami terus mengajak semua pihak demi kesuksesan penyelenggaraan Pilkada 2024 di Pariaman," ujarnya.

Tidak saja mengimbau menyukseskan Pilkada Pariaman, Pemkot Pariaman juga mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah itu untuk menyukseskan Pemilu 2024 pada 14 Februari.

Sementara itu, Ketua KPU Pariaman, Ali Unan mengapresiasi Pemkot Pariaman yang telah menganggarkan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada 2024.

"Kami berharap Pilkada nanti akan terselenggara dengan baik di Kota Pariaman," kata dia.

Sejalan dengan itu, Ketua Bawaslu Pariaman, Riswan mengatakan anggaran yang telah disepakati dan dianggarkan oleh Pemkot setempat akan digunakan sebaik mungkin oleh pihaknya.

"Semoga kita dapat memaksimalkan anggaran ini agar Pilkada 2024 di Pariaman berjalan lancar," tambahnya.