Harga cabai merah di pasar tradisional di Tanah Datar terus naik

id cabai merah, berita sumbar,berita tanah datar

Harga cabai merah di pasar tradisional di Tanah Datar terus naik

Harga bahan kebutuhan pokok khususnya cabe merah disejumlah pasar nagari di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat terus beranjak naik, (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Harga bahan kebutuhan pokok khususnya cabai merah di sejumlah pasar nagari di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat terus beranjak naik.

Salah seorang pedagang cabai merah di Pasar Nagari Barulak Yogi, Sabtu mengatakan untuk harga cabai merah di tingkat pedagang kini dijual seharga Rp40.000 hingga Rp45.000 ribu per kilogram.

"Harga itu naik sekitar Rp5.000 hingga Rp10.000 ribu dibanding minggu lalu yang dijual hanya sebesar Rp35.000 ribu saja," katanya.

Ia mengatakan kenaikan harga cabai merah tersebut telah berlangsung dalam beberapa minggu terakhir menyusul berkurangnya pasokan cabai dari petani.

Hal serupa juga dikatakan Uni Lis pedagang harian didaerah setempat, ia menjual cabai merah dikisaran harga Rp45.000 per kilogram .

Kenaikan tersebut juga dipengaruhi oleh tingginya harga yang didapatkan dari petani sehingga ikut berdampak terhadap nilai jual.

"Sebelumnya uni hanya membeli Rp30.000 per kilogramnya dari petani sekarang naik menjadi Rp40.000 bahkan lebih," katanya.

Selain cabai merah kenaikan harga bahan pokok juga terjadi pada komoditas lainnya seperti bawang merah dan sayur buncis.

Untuk bawang merah saat ini mencapai Rp30.000 per kilogram atau naik sekitar Rp10.000 dari harga sebelumnya, sementara buncis tembus diharga Rp7.000.

"Biasanya untuk satu kilo bawang merah bisa didapatkan Rp20.000 per kilogram , sekarang naik menjadi Rp30.000," katanya.

Ia mengaku meski harga beberapa komoditas mengalami kenaikan, namun permintaan masyarakat di pasaran masih stabil.