Pemkot Pariaman pesan ratusan sajadah motif batik bantu perajin bertahan di masa pandemi

id perajin batik, berita pariaman, berita sumbar

Pemkot Pariaman pesan ratusan sajadah motif batik bantu perajin bertahan di masa pandemi

Seorang pengrajin sedang mengerjakan batik di Desa Sungai Kasai dan Desa Pungguang Ladiang di Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Sumbar. (Antara/Aadiat M S)

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat memesan 250 unit sajadah bermotif batik kepada perajin di daerah itu guna membantu mereka agar dapat bertahan di masa pandemi COVID-19.

"Maret usaha perajin batik mulai turun, kami berupaya membantu dengan memesan masker motif batik untuk dibagikan kepada warga, lalu sekarang kami memesan sajadah," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit di Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan sajadah tersebut nantinya juga akan dibagikan kepada warga di daerah itu yang tidak saja sebagai sosialisasi penggunaan alat ibadah pribadi di masa normal baru namun juga mempromosikan kerajinan Batik Sampan kepada masyarakat luas.

Ia menyampaikan upaya tersebut dilakukan agar perajin batik di daerah itu tidak beralih profesi akibat dampak pandemi COVID-19.

Untuk meningkatkan penjualan, lanjutnya pihaknya menekankan kepada perajin agar menjual produknya melalui media sosial atau daring agar jangkauan promosinya jauh lebih luas.

"Di masa pandemi ini kita tidak bisa memaksakan berdagang secara langsung namun harus melalui online (daring)," katanya.

Ia menjelaskan Pariaman merupakan daerah pertama di provinsi itu yang memiliki perusahaan batik yaitu pada 1946 yang berlokasi di Dusun Sampan, Desa Pungguang Ladiang, Kecamatan Pariaman Selatan.

Karena lokasi pertama pengembangan batik tersebut berada di Dusun Sampan maka nama batik di Pariaman disamakan dengan nama daerah itu yaitu Batik Sampan.

Namun usaha tersebut redup dan bahkan mati suri karena kurangnya modal dan keterampilan sehingga pada tahun lalu Pemkot Pariaman kembali mengangkat budaya membatik di daerah itu.

Setidaknya hingga sekarang terdapat dua kelompok perajin batik di Pariaman yaitu di Desa Sungai Kasai dan Desa Pungguang Ladiang di Pariaman Selatan.

Adapun motif batik yang berkembang di daerah itu yaitu di antaranya dalamak, motif tabuik sebagai ikon wisata dan budaya Pariaman, sala yang merupakan kudapan khas Pariaman, serta motif sulam banang ameh yang merupakan kerajinan khas Pariaman.

Sementara itu salah seorang pengrajin batik Rahmayeni mengatakan di awal pandemi COVID-19 usaha yang dijalankan mengalami kerugian akibat tidak ada pembeli.

"Tidak ada pembeli sama sekali, bahkan pengrajin banyak yang beralih profesi," ujarnya.

Melihat kondisi tersebut, Yeni menjadikan kain batik yang tidak terjual menjadi masker dan dipromosikan melalui media sosial sehingga diketahui oleh pemerintah setempat lalu membeli produk yang dibuatnya.

"Setelah memasuki tatanan normal baru pembelian batik mulai normal," tambahnya.

Ia menyampaikan dengan adanya pembelian batik baik berupa masker maupun sajadah yang sedang dipesan oleh Pemkot Pariaman dapat membantu usaha yang dimilikinya agar dapat bertahan di masa pandemi COVID-19.