Berikut titik banjir dan longsor akibat hujan lebat disertai angin kencang di Padang

id Banjir Padang,berita padang,padang terkini,berita sumbar

Berikut titik banjir dan longsor akibat hujan lebat disertai angin kencang di Padang

Air menggenangi rumah salah seorang warga di Jondul Rawang pada Kamis (10/9) pagi. (ANTARA/Fathul Abdi)

Padang, (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sumatera Barat menyatakan hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi sejak Rabu (8/9) malam telah menyebabkan sejumlah titik mengalami genangan air serta longsor.

"Berdasarkan data sementara berdasarkan pantauan hingga pukul 07.00 WIB, tercatat ada sembilan titik genangan air serta dua titik longsor," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Sutan Hendra di Padang, Kamis.

Sembilan titik banjir tersebut memiliki ketinggian air bervariasi dengan tinggi maksimal satu setengah meter, yaitu Komplek Jondul Rawang, Kelurahan Rawang, Kecamatan Padang Selatan, Simpang 6 Pondok, dan Skep dekat Kantor Koramil Mata Air.

Kemudian kawasan Banuaran belakang Mesjid Muhalimin, Perumahan Bungus, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Batuang Taba, Kecamatan Lubeg, Tabiang Banda Gadang, Kecamatan Nanggalo, Alai, dan lainnya.

Baca juga: Banjir genangi ratusan rumah di Jondul Rawang Padang

Sementara longsor terjadi di Kelok Jariang Bungus Teluk Kabung, Jalan Lama Koto Kaciak menuju ke Pantai Air Manis, dan empat titik lainnya.

"Untuk titik longsor yang di kawasan Kelok Jariang yang menghubungkan Kota Padang dengan Painan hingga pukul 09.00 WIB telah ditangani dan bisa dilalui satu jalur," katanya.

BPBD juga tengah berupaya untuk melakukan evakuasi di sejumlah titik banjir, pohon tumbang untuk melakukan pembersihan, kemudian jika ada warga yang terkurung banjir di rumahnya.

Untuk pohon tumbang terjadi di jalan baru arah ke Pantai Air Manis, dan RT 01 RW 02 Air Manis.

"Sementara belum ada laporan terkait korban jiwa, saat ini kita berupaya membersihkan dan evakuasi warga jika ada yang terkurung banjir," katanya.

Pada bagian lain, banjir di kawasan Jondul Rawang menggenangi jalan serta ratusan rumah warga sejak Rabu (9/9) tengah malam.

Hingga pukul 08.00 WIB sejumlah rumah warga tampak masih digenangi air. (*)